Sambangi Bupati Rohul
Kakanwil DJP Riau Koordinasikan Pelaksanaan Optimaliasi Pemungutan Pajak Pusat dan Pajak Daerah
Kamis, 08-09-2022 - 19:21:00 WIB

TERKAIT:
   
 

PASIR PANGARAIAN -- Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Riau bersama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bangkinang dan Pemerintah Daerah Rokan Hulu (Rohul) menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Program Optimalisasi Pemungutan Pajak Pusat dan Pajak Daerah di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kabupaten Rohul. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah DJP Riau Ahmad Djamhari dengan didampingi oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak Bangkinang Meidijati dan Kepala Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Riau Asprilantomiardiwidodo dari pihak DJP sedangkan dari pihak Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dihadiri oleh Bupati Rohul Sukiman, Wakil Bupati Rohul Indra Gunawan dan jajaran organisasi perangkat daerah di lingkungan Rohul.

Perjanjian Kerja Sama yang telah ditandatangani tahun 2021 ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemungutan pajak pusat dan pajak daerah di Kabupaten Rokan Hulu.  Ruang lingkup yang diatur dalam perjanjian kerja sama ini antara lain adalah pembangunan basis data perpajakan yang berkualitas, koordinasi dalam penyusunan regulasi pajak daerah, pendampingan dan dukungan kapasitas dibidang perpajakan, pelaksanaan pengawasan bersama di bidang perpajakan, serta kegiatan lain yang dipandang perlu dalam rangka optimalisasi pemungutan pajak pusat dan pajak daerah. Direktorat Jenderal Pajak dan Pemerintah daerah Rokan Hulu memiliki fungsi dan tujuan yang sama yaitu untuk mengumpulkan penerimaan negara yang bertujuan membiayai pembangunan negara khususnya pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu.

Sejak 2021, Kanwil DJP Riau dan Kabupaten Rokan Hulu telah menjalin kerja sama yang baik dalam bentuk koordinasi pelaksanaan tugas antar instansi pemerintah pengelola pajak pusat dan pajak daerah, kegiatan pertukaran data perpajakan, pemanfaatan data perpajakan, pengawasan bersama dan peningkatan kapasitas teknis administrasi perpajakan sehingga mampu menjawab tantangan perpajakan saat ini yaitu meningkatkan kepatuhan masyarakat dan tentunya dapat meningkatkan penerimaan pajak pusat dan pendapatan daerah.

Dalam sambutannya, Ahmad Djamhari menyampaikan terimakasih untuk kerjasama yang baik yang telah dijalin selama ini antara Pemkab Rohul dan Pihak DJP. 
“Sejauh ini, Kanwil DJP Riau dan Pemkab Rohul telah bekerja sama untuk menyusun Daftar Sasaran Pengawasan Bersama. Namun satu hal yang perlu kita perhatikan, data-data yang nantinya akan kita pertukarkan sebaiknya merupakan data yang berkualitas, contohnya untuk Wajib Pajak orang pribadi, kita berusaha memastikan agar di data tersebut telah tercantum NIK sehingga data yang dipertukarkan dapat dimanfaarkan dengan optimal,” ujar Ahmad. 

Menyambung sambutan dari Kepala Kanwil DJP Riau, Sukiman selaku Bupati Rokan Hulu menyampaikan ucapan terimakasih dan permohonan bantuan kerja sama dan koordinasi lebih lanjut kepada pegawai pajak khususnya KPP Pratama Bangkinang yang menjadi mitra Pemkab Rohul dalam pelaksanaan PKS Tripartit. 

“Semoga kehadiran Bapak Kakanwil dan Ibu Kepala Kantor di Rohul menjadi tanda peningkatan kerjasama antara DJP dan Pemkab Rohul kedepannya. Saya juga berharap agar seluruh OPD yang hadir agar fadpat melaksanakan Perjanjian Kerja Sama sebaik-baiknya dalam rangka peningkatatn pemahaman Wajib Pajak sehingga kedepan PAD kita jua semakin meningkat,” tutur Sukiman. 

Kanwil DJP Riau berharap dengan pelaksanaan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Perjanjian Kerja Sama ini masing masing pihak dapat melaksanakan kewajibannya sehingga hasil yang dicapai untuk tahun-tahun mendatang akan lebih baik lagi. Dukungan dari berbagai pihak tentu akan sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan Perjanjian Kerja Sama ini dilapangan, terutama dukungan dari Kepala Daerah dan seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Program prioritas untuk kegiatan Perjanjian Kerja Sama  selanjutnya adalah fokus pada kegiatan untuk  peningkatan pendapatan Pajak Daerah antara lain, BPHTB, PBB Pedesaan Perkotaan (PBB P2 atas Pabrik Kelapa Sawit, SPBU, Rumah Sakit, Peron), Pajak Restoran Hotel Hiburan, Pajak Walet.(JG/RLS)



 
Berita Lainnya :
  • Kakanwil DJP Riau Koordinasikan Pelaksanaan Optimaliasi Pemungutan Pajak Pusat dan Pajak Daerah
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Dari Nasib Suku Sakai Hingga Perda Pemberdayaan Masyarakat Adat
    02 Doa Korban Kebakaran Terkabulkan Diberi Kasur Empuk dari Caisar Spring Bed
    03 Mulai Malam Hari Hujan Berpotensi Terjadi Pada Beberapa Wilayah di Riau
    04 Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Jadi Narasumber Dalam Rakorda Komisi Penanggulangan AIDS (KPA)
    05 Mulai Malam Hari, Hujan Akan Mengguyur Beberapa Wilayah di Riau
    06 Kanwil DJP Riau bersama KPP Pratama Dumai Tandatangani DSPB dengan Pemko Dumai dan Pemkab Rohil
    07 Titik Panas Nihil, Hujan Berpotensi Terjadi Pada Beberapa Wilayah di Riau
    08 Hujan Berpotensi Terjadi di Sebagian Besar Wilayah Riau
    09 Cegah Cemas Karena Resesi, Tabungan Emas Jadi Solusi
    10 Sobat Expo Adira Finance Dapat Sambutan Antusias Warga
    11 Syamsuar  Sebut Peningkatan PAD Kunci Keberhasilan Otonomi Daerah
    12 Fadila: Audit Dulu Pengerjaan Tahun 2022 Yang Banyak Masalah
    13 Akhir Pekan, Adira Finance Gelar Sobat Expo 2022 di Mal SKA
    14 BKKBN Riau Kukuhkan Dandim Rokan Hilir Jadi Bapak Asuh
    15 Rokan Hilir Berkomitmen Turunkan Stunting
    16 Sore Hingga Dini Hari Berpotensi Terjadi Hujan di Wilayah Riau
    17 Ratusan Siswa/i SMA se-Siak Ikuti Lomba Cerdas Cermat
    18 Sebagian Besar Wilayah Riau Berpotensi Hujan Hari Ini
    19 Inovasi “Cemara Stunting” di Kelurahan Air Putih Kota Pekanbaru Provinsi Riau
    20 Soal Eksekusi PN Siak, Penghulu dan Tokoh Masyarakat Minta Hormati Proses Hukum
    21 BKBBN Riau Bekali Siswa SMA Negeri 6 Pekanbaru Terkait Kesehatan Reproduksi
    22 Jumlah Titik Panas Meningkat, Hujan Masih Berpeluang Terjadi Pada Beberapa Wilayah
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau