Rokan Hilir Berkomitmen Turunkan Stunting
Rabu, 02-11-2022 - 19:45:00 WIB

TERKAIT:
   
 

BAGAN SIAPIAPI -- Dalam rangka upaya perceptan penurunan stunting menuju pravelensi stunting 14 persen tahun 2024 sesuai amanat Presiden RI, maka Kabupaten Rokan Hilir berkomitmen mendukung program pemerintah untuk melakukan percepatan penurunan stunting di tingkat Kabupaten Rokan hilir (Rohil). 

Wakil Bupati Rokan Hilir, sekaligus ketua pelaksana percepatan penurunan stunting Kabupaten Rohil, H. Sulaiman SH,MH, yang membuka secara resmi Rapat Rekonsiliasi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten Rohil, meminta agar seluruh camat sampai level kepenghuluan harus komit bagaimana caranya agar stunting di Rohil turun. Melakukan inovasi agar angka tersebut turun. Rapat rekonsiliasi tersebut dilaksanakan Kantor Bupati Rokan Hilir, lantai 3, Riau, Rabu  (2/11), 

“Kita Rohil adalah Kabupaten yang angka stuntingnya tinggi, yaitu 29,7 persen. Angka ini jauh di atas target pemerintah RI yaitu 14% pada tahun 2024 mendatang. Untuk itu kita harus sadar dan bertekad bagaimana caranya harus bergerak, harus melakukan berbagai inovasi agar angka stunting ini harus turun di Rohil,” papar Sulaiman.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa penurunan stunting tidak bisa jalan sendiri-sendiri. Penurunan stunting ini harus dilakukan bersama-sama. Karena hal tersebut merupakan tanggung jawab bersama. Ia juga meminta seluruh peserta rapat rekonsiliasi yang terdiri dari kepala dinas, institusi kesehatan, PKK, kemenag Rohil, kua, serta para camat mengambil komitmen dengan angka minimal 14 persen pada tahun 2024.

“Pencegahan penurunan stunting ini tidak bisa dilakukan sendiri sendiri bapak ibu. Ini harus kita lakukan bersama-sama dan ini tanggung jawab kita bersama. Saya minta dan saya ingin bertanya langsung di kesemptan ini, saya menargetkan tahun 2024 Rokan hilir akan merealisasikan angka stunting minimal sesuai target pemerintah. Apakah bapak ibu di sini siap?? Alhamdulillaah semuanya siap ya bapak ibu,” ujar Sulaiman.

Di tempat yang sama kepala perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Dra. Mardalena Wati Yulia M.Si, menyampaikan bahwa persoalan stunting merupakan masalah yang serius. Karena hal tersebut bukan hanya berdampak pada pertumbuhan fisik yang buruk, namun juga berdampak bagi perkembangan otak serta kesehatan. Terlebih Rohil memiliki angka stunting yang tinggi yaitu 29.7 persen.

“Kabupaten Rohil 29.7 persen adalah Kabupaten tertinggi stunting di Riau, untuk itu saya berharap puskesmas lebih diaktifkan lagi, Posyandu semuanya lebih diaktifkan, semua bayi ditimbang. Karena kalau anak stunting bukan hanya berpengaruh buruk secara fisik, namun ini berpengaruh buruk pada perkembangan otaknya serta kesehatan di kemudian hari. Anak jadi lebih rentan mengalami berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes, dll,” terang Mardalena.

Lebih lanjut dikatakannya seluruh tim satgas percepatan penurunan stunting sudah terbentuk, termasuk 947 tim pendamping keluarga yang terdiri dari 3 unsur yakni kader  bidan/tenaga kesehatan, kader PKK dan kader KB. 

Di kesempatan yang sama juga dilaksanakan penandatangan MoU bersama dengan seluruh camat, kemenag serta KUA se-Kabupten Rokan Hilir, tentang pendampingan dan pemeriksaan kesehatan calon pengantin tiga bulan sebelum menikah sebagai upaya pencegahan stunting dari hulu, dengan melakukan screening ini Akan mudah dilakukan pencegahan lahirnya anak stunting. (AD)



 
Berita Lainnya :
  • Rokan Hilir Berkomitmen Turunkan Stunting
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Putra-Putri Riau Mulai Menjalani Program Magang Kerja PHR
    02 Pelaksanaan MTQ Pekanbaru ke-55 Diundur Tanggal 12 Sampai 17 Februari
    03 Sore Hingga Malam Hari Hujan Berpotensi Terjadi di Riau
    04 Cegah Stunting, PHR - PKBI Edukasi Siswi di SMKN 1 Kandis
    05 Pemko Pekanbaru Ajak Semua Elemen Kembali Geliatkan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19
    06 Potensi Hujan Minim, Hanya Terjadi Pada Beberapa Wilayah
    07 KawasaN Wisata Wawasan Lingkungan Tahura SSH Riau, On The Track.
    08 Harga Sejumlah Bahan Pokok Masih Tinggi, Pemko Pekanbaru Upayakan Intervensi Harga
    09 Mulai Sore Hari Wilayah Riau Berpotensi Hujan
    10 RAPP Dukung Komitmen Pemprov Riau Dalam Implementasi Pembangunan Rendah Karbon di Provinsi Riau
    11 Kanwil DJP Riau Ajak Masyarakat Kembali Penuhi Kewajiban Perpajakan di Tahun 2023
    12 Sepanjang Hari Ini Hujan Akan Mengguyur Wilayah Riau
    13 PHR Akan Tindak Tegas Kontraktor Yang Lalai Terapkan K3
    14 Patroli Blue Light dimalam Perayaan Imlek, Polresta Amankan 37 Sepeda Motor
    15 Program Pencegahan Stunting PHR Bersama Pemkab Kampar Dipuji Presiden Jokowi
    16 4 Membran Payung Elektrik Masjid Raya Annur Riau Terpasang
    17 BMKG Pekanbaru: Hujan Hari Ini Terjadi di Sebagian Kecil Wilayah Riau
    18 Tahun Ini Dishub Usulkan Peremajaan 923 Titik Lampu Jalan
    19 Pendaftaran IDCamp X KADIN 2023 Telah Dibuka, IOH Targetkan Ribuan Talenta Digital Muda Bergabung
    20 Road Show hingga Bedah Kampus, Mamun Murod: Jangan Ragu Masuk IPB!
    21 PHR Temukan Cadangan Minyak Ribuan Barel
    22 Intensitas Hujan di Riau Hari Ini Mulai Berkurang
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau