Gubernur Riau Hadiri Acara Final Generasi Berencana (Genre) 2023
Kamis, 01-06-2023 - 18:45:00 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU -- Generasi muda terutama Generasi Berencana (GenRe) di Provinsi Riau diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam hal pencegahan dan penurunan stunting. Pencegahan dimulai dari hulu dengan menghadirkan peran ketahanan remaja pada saat pra-nikah. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardayo, saat memberikan sambutan dalam acara final Genre Riau Tahun 2023 secara daring, Rabu malam (31/5) di Hotel Grand Centra Pekanbaru. 

“Upaya pencegahan stunting harus dimulai dari hulu, dimana para remaja yang akan menjadi calon pengantin atau calon usia subur bisa melakukan perencanaan pernikahan sebelum memutuskan untuk menikah. Sehingga perencanaan tersebut bisa menghasilkan pembangunan keluarga yang berkualitas, dan menjalani sumpah untuk tidak nikah pada usia dini, menghindari narkotika, pergaulan bebas dan menjadi generasi yang membanggakan,” jelas Hasto. 

Adapun pencegahan stunting tersebut, lanjut Hasto dimulai dari usia remaja mulai dari usia 10-24 tahun sebagai remaja Genre. Oleh sebab itu, generasi remaja harus bisa ikut mencegah stunting seiring dengan program pemerintah di tahun 2024 dengan target angka stunting diangka 14 persen. 

Dalam kesempatan itu Hasto juga berterimakasih atas respon peserta Genre di Propinsi Riau yang begitu antusias dalam mengikuti pemilihan duta Genre. Dimana nantinya, mereka yang terpilih sebagai duta bisa kembali mengasah ilmunya dikancah nasional bersama duta di seluruh propinsi di Indonesia. 

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Riau Mardalena Wati Yulia mengatakan bahwa sesuai dengan amanah Undang-Undang nomor : 52 Tahun 2009, tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga bahwa kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga yakni dengan cara meningkatkan kualitas remaja, pemberian akses informasi, pendidikan konseling dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga, melalui pembinaan ketahanan keluarga remaja dan pembinaan pusat informasi dan konseling remaja (PIK-R). 

Jadi nantinya dengan program Genrenya, yang merupakan salah satu program dari BKKBN bisa menghadapi berbagai permasalahan remaja.

“Apalagi proporsi jumlah remaja saat ini cukup besar, tentu sangat berpengaruh dan tidak hanya bagi kelompok remaja sendiri, namun bagi seluruh kelompok masyarakat, dan juga dalam rangka percepatan penurunan stunting dari hulu, dimana peran remaja sangat menentukan,” ungkap Mardalena.

Ia juga menambahkan, bahwa dalam rangka mencari figure motivator yang terampil dan berkarakter dari anggota PIK Remaja, sesuai dengan prinsip dari, oleh dan untuk remaja, dalam kegiatan Genre Riau Award tahun 2023 ini Duta GenRe yang terpilih diharapkan dapat menjadi figur yang terampil dan berkarakter dan bertaqwa kepada Tuhan YME, dan juga akan mewakili provinsi Riau dalam pemilihan duta genre tingkat nasional. 

Dalam kesempatan itu, acara yang dihadiri oleh Gubernur Riau, H Syamsuar tersebut juga turut digelar pengukuhan  Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Riau, Hj Misnarni Syamsuar sebagai Bunda Generasi Berencana (GenRe) Riau oleh Gubernur Riau disaksikan seluruh Genre di propinsi Riau. 

Dikatakan Gubernur Riau, Syamsuar bahwa menjadi merupakan tugas mulia yang diemban dalam rangka mendampingi dan pembinaan kepada remaja agar dapat merencanakan masa depan yang berkualitas. Bunda GenRe harus siap mendengarkan, memperhatikan dan menjadi motivator serta inspirasi bagi remaja di Bumi Lancang Kuning.

“Kepada ibu ketua TP PKK Riau, kami mengucapkan selamat atas pengukuhan sebagai bunda GenRe riau, sosok ibu yang selalu siap mendengarkan, memperhatikan dan menjadi motivator serta inspirasi bagi remaja atau GenRe di Riau,” jelasnya.

Sementara itu, ia juga turut berpesan kepada Duta Genre terpilih nantinya bisa menjaga nama baik propinsi Riau dan bisa mengulang keberhasilan Provinsi Riau pada tahun 2022 sebagai Juara I tingkat nasional. Serta menjadi roll model bagi teman-teman sebayanya, dan mensosialisasikan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana di Provinsi Riau, juga aktif ikut mensosialisasikan pencegahan stunting dari hulu.

“Yaitu dari usia remaja, sehingga percepatan penurunan stunting di Provinsi Riau dapat terlaksana dengan baik, dan sesuai harapan,”pungkasnya. (AD)



 
Berita Lainnya :
  • Gubernur Riau Hadiri Acara Final Generasi Berencana (Genre) 2023
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Hasil Evaluasi Pj Gubri Kembali Akan Assesment 6 OPD
    02 Waspada Hotspot Mulai Bermunculan di Riau
    03 Apresiasi Komitmen Pemerataan Pembangunan
    04 APBD Riau 2025 Diproyeksikan Turun
    05 Sinergi dengan BRK Syariah, GSB Riau Evaluasi Proses Penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha
    06 Dapat Bantuan Rumah Layak Huni, Korban Longsor Inhil Menolak Direlokasi
    07 Pemprov Riau Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Berkat Operasi PHR di Blok Rokan
    08 Aqila Sang ’Local Hero’ Cilik Penggerak Peduli Lingkungan
    09 Cuaca Cerah Berawan, Waspada Hotspot Mulai Bermunculan
    10 BRK Syariah Sangat Eksis Sosialisasikan Tabungan Simpel
    11 Program Penguatan Vokasi PHR Membuka Asa Muhammad Nizam Merajut Sukses
    12 Indosat Business Hadirkan Smart Internet, Platform Digital Cerdas yang Aman dan Terintegrasi
    13 Ponpes Tafaqquh Mulai Terapkan Digitalisasi, Setiap Santri Miliki Smart Card dari BRK Syariah
    14 PHR Dorong Mitra Kerja Komitmen Terhadap Anti Korupsi
    15 Dinas PUPR Riau Bangun 35 Unit RLH Korban Kebakaran di Pujud Rohil
    16 Prakiraan Cuaca BMKG Hari ini, Riau Cerah Berawan
    17 Kirab Bendera Merah Putih dan Konser Nidji Gratis Bakal Ramaikan Sumatra Bike Week 2024
    18 Wako Dumai Apresiasi Pj Gubri, Baru Saat Ini Dumai Jadi Perhatian Provinsi
    19 Berikut Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini
    20 Pj Gubri SF Hariyanto Paparkan Potensi Migas untuk Kesejahteraan Rakyat Riau
    21 Direktur BRK Syariah Hadiri Peresmian Gedung Kantor Bersama Samsat Kota Dumai
    22 PT Elnusa Tbk Gelar Kick Off Elnusa Leader Development Program 2024
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau