Gubernur Riau Hadiri Acara Final Generasi Berencana (Genre) 2023
Kamis, 01-06-2023 - 18:45:00 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU -- Generasi muda terutama Generasi Berencana (GenRe) di Provinsi Riau diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam hal pencegahan dan penurunan stunting. Pencegahan dimulai dari hulu dengan menghadirkan peran ketahanan remaja pada saat pra-nikah. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardayo, saat memberikan sambutan dalam acara final Genre Riau Tahun 2023 secara daring, Rabu malam (31/5) di Hotel Grand Centra Pekanbaru. 

“Upaya pencegahan stunting harus dimulai dari hulu, dimana para remaja yang akan menjadi calon pengantin atau calon usia subur bisa melakukan perencanaan pernikahan sebelum memutuskan untuk menikah. Sehingga perencanaan tersebut bisa menghasilkan pembangunan keluarga yang berkualitas, dan menjalani sumpah untuk tidak nikah pada usia dini, menghindari narkotika, pergaulan bebas dan menjadi generasi yang membanggakan,” jelas Hasto. 

Adapun pencegahan stunting tersebut, lanjut Hasto dimulai dari usia remaja mulai dari usia 10-24 tahun sebagai remaja Genre. Oleh sebab itu, generasi remaja harus bisa ikut mencegah stunting seiring dengan program pemerintah di tahun 2024 dengan target angka stunting diangka 14 persen. 

Dalam kesempatan itu Hasto juga berterimakasih atas respon peserta Genre di Propinsi Riau yang begitu antusias dalam mengikuti pemilihan duta Genre. Dimana nantinya, mereka yang terpilih sebagai duta bisa kembali mengasah ilmunya dikancah nasional bersama duta di seluruh propinsi di Indonesia. 

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Riau Mardalena Wati Yulia mengatakan bahwa sesuai dengan amanah Undang-Undang nomor : 52 Tahun 2009, tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga bahwa kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga yakni dengan cara meningkatkan kualitas remaja, pemberian akses informasi, pendidikan konseling dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga, melalui pembinaan ketahanan keluarga remaja dan pembinaan pusat informasi dan konseling remaja (PIK-R). 

Jadi nantinya dengan program Genrenya, yang merupakan salah satu program dari BKKBN bisa menghadapi berbagai permasalahan remaja.

“Apalagi proporsi jumlah remaja saat ini cukup besar, tentu sangat berpengaruh dan tidak hanya bagi kelompok remaja sendiri, namun bagi seluruh kelompok masyarakat, dan juga dalam rangka percepatan penurunan stunting dari hulu, dimana peran remaja sangat menentukan,” ungkap Mardalena.

Ia juga menambahkan, bahwa dalam rangka mencari figure motivator yang terampil dan berkarakter dari anggota PIK Remaja, sesuai dengan prinsip dari, oleh dan untuk remaja, dalam kegiatan Genre Riau Award tahun 2023 ini Duta GenRe yang terpilih diharapkan dapat menjadi figur yang terampil dan berkarakter dan bertaqwa kepada Tuhan YME, dan juga akan mewakili provinsi Riau dalam pemilihan duta genre tingkat nasional. 

Dalam kesempatan itu, acara yang dihadiri oleh Gubernur Riau, H Syamsuar tersebut juga turut digelar pengukuhan  Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Riau, Hj Misnarni Syamsuar sebagai Bunda Generasi Berencana (GenRe) Riau oleh Gubernur Riau disaksikan seluruh Genre di propinsi Riau. 

Dikatakan Gubernur Riau, Syamsuar bahwa menjadi merupakan tugas mulia yang diemban dalam rangka mendampingi dan pembinaan kepada remaja agar dapat merencanakan masa depan yang berkualitas. Bunda GenRe harus siap mendengarkan, memperhatikan dan menjadi motivator serta inspirasi bagi remaja di Bumi Lancang Kuning.

“Kepada ibu ketua TP PKK Riau, kami mengucapkan selamat atas pengukuhan sebagai bunda GenRe riau, sosok ibu yang selalu siap mendengarkan, memperhatikan dan menjadi motivator serta inspirasi bagi remaja atau GenRe di Riau,” jelasnya.

Sementara itu, ia juga turut berpesan kepada Duta Genre terpilih nantinya bisa menjaga nama baik propinsi Riau dan bisa mengulang keberhasilan Provinsi Riau pada tahun 2022 sebagai Juara I tingkat nasional. Serta menjadi roll model bagi teman-teman sebayanya, dan mensosialisasikan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana di Provinsi Riau, juga aktif ikut mensosialisasikan pencegahan stunting dari hulu.

“Yaitu dari usia remaja, sehingga percepatan penurunan stunting di Provinsi Riau dapat terlaksana dengan baik, dan sesuai harapan,”pungkasnya. (AD)



 
Berita Lainnya :
  • Gubernur Riau Hadiri Acara Final Generasi Berencana (Genre) 2023
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemprov Riau Terima Penghargaan Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2023
    02 Semangat Berbagi PHR, Wujud Syukur atas Keberhasilan Tajak Sumur Eksplorasi Pinang East
    03 Hingga Februari Kanwil DJP Riau Kumpulkan 3,01 Triliun,
    04 Transaksi dan Layanan Meningkat Jelang Lebaran, BRK Syariah Tetap Optimalkan Pelayanan Prima
    05 Cuaca Cerah Berawan, Puluhan Hotspot Terpantau Hari ini.
    06 Pj Gubernur Riau: Lancang Kuning Carnival Bakal Tampilkan Fesyen Lokal Menuju Kancah Internasional
    07 Pemprov Riau Bersama Mesjid An-Nur serahkan santunan 150 Anak Yatim
    08 Polda Riau Kerahkan 3.508 Amankan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024
    09 Jelang Idulfitri, Pj Gubri Harap Seluruh Jajaran Amankan Arus Mudik
    10 Dishub Imbau Masyarakat Lapor Jika Temukan Jukir Liar
    11 Direksi BRK Syariah Lanjutkan Safari Ramadan Bersama Pemprov Kepri dan Berikan Bantuan CSR
    12 Yuk Baca Mudikpedia agar Mudik Ceria dan Penuh Makna
    13 Cuaca Cerah Berawan, Waspada 120 Hotspot Terpantau di Riau.
    14 Tingkatkan Sarana, Masjid Al Huda Pian Padang Natuna Terima Dabamas BRK Syariah
    15 Jabatan Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun Segera Berakhir, Pemprov Riau Segera Proses ke Kemendagri
    16 Indosat Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal
    17 Besok, Pj Gubri Akan Santuni 150 Anak Yatim Dalam Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Raya Annur
    18 Safari Ramadan di Rokan Hilir, CSR BRK Syariah Kembali Disalurkan
    19 Para Pelaku Usaha Pemotongan Ayam di Pasar Belantik Siak Terima Surat Keterangan Halal
    20 Kick off Riau Sharia Week 2024: BI Gelar Capacity Building Nazhir Wakaf Produktif Bersama BWI Riau
    21 Masjid Al Fatah Kuansing Terima Dana CSR, Asisten I Pemprov Riau Ajak Menabung di BRK Syariah
    22 Disperindag Mulai Lakukan Tera Ulang di Sejumlah SPBU di Pekanbaru
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau