Aksi Nyata PHR Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia
Jumat, 19-05-2023 - 19:14:00 WIB
PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama mitra pelaksana LPPM Unilak telah mengembangkan 100 kelompok Bank Sampah baik inti maupun unit termasuk sekolah Adiwiyata.
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU -- PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berkomitmen dalam mendukung terciptanya kondisi bumi yang lebih baik dengan menurunkan emisi gas rumah kaca di Indonesia. Beberapa aksi nyata telah dilakukan PHR di tengah perannya sebagai penopang energi nasional. Apa saja aksi nyata tersebut?

Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto mengatakan, industri minyak dan gas (migas) menghadapi tantangan terjadinya peningkatan emisi secara gradual yang perlu dimitigasi di tengah pemenuhan target migas nasional. Meski demikian, berbagai upaya telah dilakukan PHR dalam upaya mendukung terciptanya lingkungan yang lebih baik dan dalam upaya mencapai Zero Routine Flaring (penurunan gas suar bakar) di tahun 2030.

“PHR memiliki komitmen yang tertuang di dalam HES Policy untuk menerapkan Environmental, Social and Governance (ESG) khususnya indikator yang terkait dengan penurunan emisi karbon,” kata Rudi, Jumat (19/5/2023).

Dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca di Indonesia, berbagai upaya dilakukan PHR. Di antaranya dengan memanfaatkan associated gas untuk kebutuhan gas kompresor dan gas turbin sehingga dapat mengurangi volume flaring (bakar suar). Untuk diketahui, potensi pemanfaatan total flaring saat ini maksimum sebanyak 200.000 ton CO2 dengan volume sekitar 5 mscfd (juta standar kaki kubik per hari).

“Kami juga berinisiatif untuk melakukan pengembangan energi terbarukan dengan didirikannya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang kami bangun di tengah kawasan produksi minyak nasional di area wilayah kerja Rokan yakni di Rumbai, Duri dan Dumai,” kata Rudi.

Selain itu, lanjut Rudi, PHR juga melakukan penjagaan kawasan hutan asli yang ada di area operasi PHR dan kompleks perumahan PHR di kawasan Rumbai, Duri dan Dumai dengan luas 200 hektare dalam mendukung penyerapan karbon.

“Jadi, di Riau ini secara umum suhunya panas, namun jika ada kesempatan berkunjungan ke kamp PHR di Rumbai, Duri dan Dumai akan bisa merasakan suasana yang berbeda. Karena kami menjaga hutan asli di sini, bahkan sehari-hari masih bisa berjumpa dengan hewan liar seperti kera, babi hutan dan lain-lain. Ini upaya kami dalam menjaga kelestarian hutan yang luasnya ratusan hektare dan menjadi kontribusi untuk memotong CO2,” jelas Rudi.

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama mitra pelaksana Yayasan Rumah Energi (YRE) mendukung Program Desa Energi Berdikari di Desa Mukti Sari, Kecamatan Tapung, Kampar. Sebanyak 9 reaktor biogas telah dibangun untuk kemandirian energi masyarakat.

PHR juga berkolaborasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau melakukan program konservasi hutan mangrove dan memanfaatkannya sebagai Kawasan Ecoeduwisata Bandar Bakau di Dumai. Langkah nyata lainnya yakni, PHR melakukan pembangunan pengolahan air terproduksi berbasis Natural Based Solution (NBS) berupa constructed wetland atau lahan basah buatan untuk pengolahan air limbah.

“Wetland dengan operasi 4 unit yang bisa menghemat energi hingga 1,6 juta KWH per bulan. Ke depan, dengan pembangunan wetland di 15 stasiun pengumpul yang bisa menghemat energi hingga 6,3 juta KWH per bulan,” kata Rudi.

PHR juga melakukan restorasi Taman Keanekaragaman Hayati (Taman Kehati) dan ecoriparian di Universitas Lancang Kuning serta pendaftaran aksi mitigasi ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan penyusunan Panduan Pengembangan Dokumen dan Rancangan Aksi (Pedoman DRAM) sebagai bagian dari perhitungan carbon credit PHR.

“Kami juga melakukan  pembangunan green building untuk fasilitas HSSE training di kompleks perumahan PHR di Rumbai dan Duri berikut dengan proses sertifikasi EDGE dan greenship fasilitas tersebut,” katanya.

Rudi menambahkan, lewat program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PHR juga fokus dalam pelestarian keanekaragaman hayati dalam upaya menciptakan lingkungan bumi yang lebih baik. Di antaranya, membuat program Bank Sampah yang melibatkan masyarakat untuk mendaur ulang sampah menjadi produk turunan yang bermanfaat. Selain itu, PHR juga melakukan kegiatan konservasi gajah di mana bertujuan untuk pemulihan habitat gajah, pengayaan pakan dan memitigasi keberadaan dan konflik antara gajah dengan manusia dengan memasangkan alat Global Positioning System (GPS).

Lewat Program Rumah Inovatif, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berkolaborasi dengan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) serta mitra pelaksana Cakra Consulting mendorong kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kepenghuluan Sintong Pusaka, Kecamatan Tanah Putih, Rokan Hilir. salah satunya demplot Pertanian Lahan tanpa Bakar (PLTB) sebagai upaya melindungi ekosistem gambut.

Tak hanya itu, lanjut Rudi, PHR juga membuat program Desa Energi Berdikari di WK Rokan yang fokus pada dukungan terhadap kemandirian energi di tingkat masyarakat desa. Salah satunya adalah melalui pemanfaatan dan pengembangan energi baru dan terbarukan. PHR juga membuat Program Kampung Iklim (Proklim) yang merupakan kegiatan pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas berupa penguatan kelembagaan baik berupa inventarisasi data pendukung, studi banding, monitoring dan evaluasi serta publikasi program hingga pelaksanaan kegiatan. 

“Seluruh kegiatan dan program yang dilakukan PHR ini merupakan ikhtiar nyata dalam upaya menurunkan emisi gas rumah kaca di Indonesia untuk menciptakan iklim lingkungan yang lebih baik untuk kita dan generasi mendatang,” kata Rudi.(ADV)



 
Berita Lainnya :
  • Aksi Nyata PHR Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Waspada Hotspot Mulai Bermunculan di Riau
    02 Apresiasi Komitmen Pemerataan Pembangunan
    03 APBD Riau 2025 Diproyeksikan Turun
    04 Sinergi dengan BRK Syariah, GSB Riau Evaluasi Proses Penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha
    05 Dapat Bantuan Rumah Layak Huni, Korban Longsor Inhil Menolak Direlokasi
    06 Pemprov Riau Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Berkat Operasi PHR di Blok Rokan
    07 Aqila Sang ’Local Hero’ Cilik Penggerak Peduli Lingkungan
    08 Cuaca Cerah Berawan, Waspada Hotspot Mulai Bermunculan
    09 BRK Syariah Sangat Eksis Sosialisasikan Tabungan Simpel
    10 Program Penguatan Vokasi PHR Membuka Asa Muhammad Nizam Merajut Sukses
    11 Indosat Business Hadirkan Smart Internet, Platform Digital Cerdas yang Aman dan Terintegrasi
    12 Ponpes Tafaqquh Mulai Terapkan Digitalisasi, Setiap Santri Miliki Smart Card dari BRK Syariah
    13 PHR Dorong Mitra Kerja Komitmen Terhadap Anti Korupsi
    14 Dinas PUPR Riau Bangun 35 Unit RLH Korban Kebakaran di Pujud Rohil
    15 Prakiraan Cuaca BMKG Hari ini, Riau Cerah Berawan
    16 Kirab Bendera Merah Putih dan Konser Nidji Gratis Bakal Ramaikan Sumatra Bike Week 2024
    17 Wako Dumai Apresiasi Pj Gubri, Baru Saat Ini Dumai Jadi Perhatian Provinsi
    18 Berikut Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini
    19 Pj Gubri SF Hariyanto Paparkan Potensi Migas untuk Kesejahteraan Rakyat Riau
    20 Direktur BRK Syariah Hadiri Peresmian Gedung Kantor Bersama Samsat Kota Dumai
    21 PT Elnusa Tbk Gelar Kick Off Elnusa Leader Development Program 2024
    22 Pemko Pekanbaru Ajak Warga Sukseskan Imunisasi Polio
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau