'Bank Jatah' PHR Ajak Siswa SD Nabung Minyak Jelantah, Bisa Capai Rp 1 Juta Per Bulan
Selasa, 16-05-2023 - 14:21:00 WIB
Tiga murid sekolah dasar memperlihatkan uang dan buku tabungan hasil dari pengumpulan minyak jelantah, di Kelurahan Agrowisata, Kecamatan Rumbai Barat, Pekanbaru.
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU -- PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama mitra binaan UB Bank Minyak Jelantah (Bank Jatah) terus meningkatkan sosialisasi pengelolaan minyak jelantah atau minyak goreng bekas bagi masyarakat Pekanbaru dan sekitarnya. Tidak hanya menyasar masyarakat dan kaum ibu rumah tangga, edukasi pengelolaan minyak jelantah turut menyasar murid sekolah dasar. 

Program ini merupakan salah satu upaya PHR untuk mendongkrak perekonomian masyarakat yang berbasis peduli lingkungan. Edukasi bagi murid sekolah dasar dinilai perlu untuk meningkatkan kesadaran siswa pentingnya menjaga lingkungan sejak dini terutama dari ancaman bahaya minyak jelantah. 

Lewat kegiatan ini, UB Bank Jatah Kelurahan Agrowisata, Kecamatan Rumbai Barat, mengajak para murid sekolah dasar di SDN 162 Pekanbaru mengumpulkan minyak jelantah sisa pemakaian rumah tangga. Minyak jelantah yang sudah dikumpulkan akan dibeli oleh Bank Jatah dengan harga tertentu.  
 
Minyak jelantah ditimbang lalu dikumpulkan di UB Bank Jatah Kelurahan Agrowisata, di Jalan Sri Amanah. Tim Bank Jatah terdiri dari Rahima, Opirianti, Tati Resti dan Erni siap menerima berapapun minyak jelantah yang disetorkan nasabah. 

“Kami siap memfasilitasi dan melayani  nasabah dalam kegiatan minyak jelantah. Kita menerima minyak jelantah para murid walaupun 100 gram,” kata Direktur Bank Jatah Mohammad Adriyo Habibi, Selasa (16/5). 
 
Program Bank Jatah disambut antusias murid sekolah dasar. Dalam sosialisasinya, UB Bank Jatah Agrowisata memaparkan tentang bahaya minyak jelantah yang tidak terkelola. Minyak jelantah yang dibuang sembarangan memberikan risiko meningkatkan kadar Chemical Oxygen Demand (COD) dan Biological Oxygen Demand (BOD) di perairan. 
 
Sementara minyak jelantah yang dibuang ke tanah menyebabkan tersumbatnya saluran air sehingga akan menghambat proses resapan air ke dalam tanah. Efek jangka panjangnya akan menyebabkan genangan. Terlebih minyak jelantah diketahui mengandung bakteri Clostridium Botulinium dan dapat menimbulkan penyakit. 
 
“Minyak jelantah dikonsumsi tidak baik bagi kesehatan, dibuang merusak  lingkungan, untuk itu mari kita jadikan uang dengan cara ditabung,” imbaunya. 
 
Dalam program ini, murid sekolah dasar mengumpulkan minyak jelantah dua minggu atau empat minggu sekali, tergantung ketersediaan minyak jelantah di rumah masing-masing. “Kita berikan reward setiap bulannya untuk kategori frekuensi siswa yang  terbanyak menabung minyak jelantah dan kategori siswa yang paling banyak saldo tabungan minyak jelantahnya,” ujarnya. 
 
Uang tabungan minyak jelantah dapat dicairkan oleh murid menjelang ujian akhir tahun. “Kita tetap memberi motivasi kepada siswa untuk terus mengumpulkan minyak jelantahnya. Kita mulai dari hal yang sederhana saja,” tuturnya. 

Sejak dua tahun berjalan, program Bank Jatah telah memiliki kurang lebih 500 orang nasabah, baik dari kalangan ibu rumah tangga, pelajar dan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Dalam sebulan, Bank jatah mampu menampung 3 hingga 5 ton minyak jelantah. Dalam sebulan, nasabah dapat mencairkan uang dari tabungan minyak jelantah mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta rupiah tergantung jumlah minyak jelantah yang disetorkan atau ditabung.  

Untuk sementara, minyak jelantah yang sudah terkumpul disalurkan kepada distributor untuk dijadikan produk turunan. Minyak goreng bekas ini nantinya dapat diolah menjadi produk bernilai seperti lilin, sabun hingga bahan baku energi alternatif biodiesel. 

“Untuk sementara kami belum memiliki produk turunan sendiri karena untuk pembuatan biodiesel tentunya membutuhkan jumlah yang lebih banyak. Namun kami berencana untuk membuat produk turunan lilin aroma terapi. Saat ini masih dalam survei baik dari sisi biaya operasional maupun nilai ekonomisnya,” tuturnya. 

Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto mengatakan, komitmen melestarikan lingkungan dan menjaga keanekaragaman hayati merupakan salah satu fokus utama program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHR. “Melalui program ini diharapkan dapat mendorong kesadaran bersama dalam menjaga lingkungan sekitar," katanya.(PE/RLS)



 
Berita Lainnya :
  • 'Bank Jatah' PHR Ajak Siswa SD Nabung Minyak Jelantah, Bisa Capai Rp 1 Juta Per Bulan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Hasil Evaluasi Pj Gubri Kembali Akan Assesment 6 OPD
    02 Waspada Hotspot Mulai Bermunculan di Riau
    03 Apresiasi Komitmen Pemerataan Pembangunan
    04 APBD Riau 2025 Diproyeksikan Turun
    05 Sinergi dengan BRK Syariah, GSB Riau Evaluasi Proses Penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha
    06 Dapat Bantuan Rumah Layak Huni, Korban Longsor Inhil Menolak Direlokasi
    07 Pemprov Riau Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Berkat Operasi PHR di Blok Rokan
    08 Aqila Sang ’Local Hero’ Cilik Penggerak Peduli Lingkungan
    09 Cuaca Cerah Berawan, Waspada Hotspot Mulai Bermunculan
    10 BRK Syariah Sangat Eksis Sosialisasikan Tabungan Simpel
    11 Program Penguatan Vokasi PHR Membuka Asa Muhammad Nizam Merajut Sukses
    12 Indosat Business Hadirkan Smart Internet, Platform Digital Cerdas yang Aman dan Terintegrasi
    13 Ponpes Tafaqquh Mulai Terapkan Digitalisasi, Setiap Santri Miliki Smart Card dari BRK Syariah
    14 PHR Dorong Mitra Kerja Komitmen Terhadap Anti Korupsi
    15 Dinas PUPR Riau Bangun 35 Unit RLH Korban Kebakaran di Pujud Rohil
    16 Prakiraan Cuaca BMKG Hari ini, Riau Cerah Berawan
    17 Kirab Bendera Merah Putih dan Konser Nidji Gratis Bakal Ramaikan Sumatra Bike Week 2024
    18 Wako Dumai Apresiasi Pj Gubri, Baru Saat Ini Dumai Jadi Perhatian Provinsi
    19 Berikut Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini
    20 Pj Gubri SF Hariyanto Paparkan Potensi Migas untuk Kesejahteraan Rakyat Riau
    21 Direktur BRK Syariah Hadiri Peresmian Gedung Kantor Bersama Samsat Kota Dumai
    22 PT Elnusa Tbk Gelar Kick Off Elnusa Leader Development Program 2024
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau