Forum Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten Pelalawan
Kamis, 16-03-2023 - 17:22:00 WIB

TERKAIT:
   
 

PANGKALAN KERINCI -- Percepatan penurunan angka prevalensi stunting di Provinsi Riau terus dilakukan, dan sebagai wujud keseriusan dalam melakukan upaya Percepatan Penurunan Stunting, pada Kamis (15/3/2023) dilaksanakan Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting di Auditorium Lt. 3 Kantor Bupati Pelalawan. 

Forum ini merupakan tindak lanjut forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Riau beberapa waktu lalu. Stunting masih menjadi masalah serius yang menimbulkan dampak jangka panjang. Hal ini dikarenakan stunting tidak hanya berpengaruh pada kondisi fisik, namun juga akan mempengaruhi kognitif anak. 

Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan, H. Nasarudin, SH, MH menyampaikan bahwa untuk Percepatan Penurunan Stunting di kabupaten Pelalawan pihaknya telah bekerjasama dengan Kemenag untuk melakukan skrining kepada calon pengantin dan rencananya TP PKK akan bekerjasama dengan Dinas Pertanian untuk melakukan gerakan menanam daun kelor yang kaya akan manfaat. 

Disebutkan bahwa sebagian besar Stunting ditemukan pada keluarga yang memiliki permasalahan ekonomi. Oleh karena itu, sebagai wujud komitmen dan kepedulian terhadap Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Pelalawan, Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan dikukuhkan menjadi Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) Tingkat Kabupaten Pelalawan. 

Pengukuhan dibuktikan dengan pemasangan selempang oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si kepada Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan, Sella Pitaloka, S.AP. 

Selain pengukuhan Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan sebagai BAAS Kabupaten Pelalawan, pada kesempatan ini juga dilakukan pengukuhan 12 orang Ketua TP PKK Kecamatan sebagai Bunda Genre Tingkat Kecamatan dan 118 pasang Duta Genre Tingkat Desa/Kelurahan se Kabupaten Pelalawan. 

Prosesi pengukuhan disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Pelalawan, H. Nasarudin, SH, MH, Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Pelalawan, Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan yang telah bersedia untuk dikukuhkan sebagai Bunda Asuh Anak Stunting, kepada Bunda Genre Tingkat Kecamatan dan kepada Duta Genre Tingkat Desa/Kelurahan. Menurutnya pengukuhan ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Pelalawan untuk mendukung Program Bangga Kencana khususnya Percepatan Penurunan Stunting. 

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersedia dikukuhkan. Program ini diharapkan bisa memberikan kontribusi lebih terhadap Percepatan Penurunan Stunting di Pelalawan. Sehingga harapan kita bersama Pelalawan Zero Stunting bisa dicapai,” ucapnya. 

Diketahui kondisi Stunting di Kabupaten Pelalawan telah diturunkan dari angka 21,2 persen menjadi 11,2 persen dan Kabupaten Pelalawan berhasil menempati posisi terendah kedua se Provinsi Riau. 

“Memang angka ini sudah dibawah rata-rata nasional, namun kita tetap tidak boleh lengah. Upaya Percepatan Penurunan Stunting harus tetap dilakukan hingga zero stunting.” lanjutnya.

Tak lupa, beliau menyampaikan harapannya kepada Duta Genre Tingkat Desa/Kelurahan se Kabupaten Pelalawan yang baru saja dikukuhkan.

“remaja cenderung  lebih senang bercerita kepada teman sebayanya, oleh karena itu pada hari ini dilakukan pegukuhan Duta Genre Tingkat Desa dan Kelurahan agar bisa menjangkau masyarakat luas. Tentu saja harapannya Duta Genre ini tidak hanya sekedar dikukuhkan, namun saya menunggu aksi nyatanya. Duta genre yang dikukuhkan diharapkan bisa menjadi Agent Of Changes dan Role Model bagi teman sebayanya.” jelasnya. 

Ditempat yang sama, wabup mengatakan saat ini banyak tindak pidana yang terjadi pada anak dibawah umur. Oleh karena itu Duta Genre yang telah dilantik, diharapkan bisa turut serta mengawal anak-anak di desanya dan memberikan contoh yang baik untuk teman sebayanya. 

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama PPS dg Kapolres, Dandim, Kemenag, BAZNAS, IDI, IBI, IAKMI, PPNI, BKMT, PT. RAPP, PT. Tanoto foundation, PT. Musimas, PT. PMBN, PT. asian agri, dan PT. Sari Lembah Subur. 

Dilanjutkan penyerahan DAK Sub Bidang KB secara simbolis kepada Wabup Pelalawan dan penyerahan ATTG kepada Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan. 

Adapun narasumber pada kegiatan ini berasal dari Dinas Kesehatan dan BAPPEDA Kabupaten Pelalawan. (AD/RLS)



 
Berita Lainnya :
  • Forum Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten Pelalawan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Penyebab Harga Gula Naik Jadi Rp17.500 per Kg
    02 2 Cara Indonesia Lolos Perempat Final Piala Asia U-23
    03 Pemprov Riau Pekan Depan Mulai Perbaiki Jalan Rusak di Pekanbaru
    04 Terkait Pengembangan Rest Area Tol Permai, Pj Sekdaprov Riau Harap BUMD Saling Bersinergi
    05 Akhir Pekan, Sebahagian Besar Wilayah Riau Masih Akan Diguyur Hujan
    06 MTQ XLII Tingkat Provinsi Riau, Diikuti 809 Peserta dari 12 Kabupaten Kota
    07 Menhub Beri Bantuan "By The Service" ke Pemprov Riau
    08 Kolaborasi ELNUSA dan PHR Sukses Rampungkan Proyek Survei Seismik 3D Balam South East
    09 Gelar Halal Bi Halal, Edy Natar Kembali Ceritakan Perjalanan GSSB Riau
    10 Indosat Ooredoo Hutchison dan Mastercard Umumkan Kemitraan Cybersecurity Center of Excellence
    11 Gebyar BBI/BBWI 2024, Pj Gubri Minta Dukungan Menteri Perhubungan
    12 Cacar Monyet Strain Baru di Kongo Ditemukan WHO, Disebut Lebih Mematikan
    13 Penerbangan di Beberapa Kota Iran Dihentikan Buntut Dari Serangan Israel ke Iran
    14 PUPR Pekanbaru Mulai Perbaikan Jalan Taman Karya
    15 Setelah Israel Meluncurkan Rudalnya ke Iran, Harga Minyak Melesat 3 Persen
    16 Konsumsi Bahan Bakar Minyak di Riau Meningkat Selama Idulfitri 1445 H
    17 Waspada Cuaca Ekstrem, Hari Ini BMKG Perkirakan Hujan di Sebahagian Besar Wilayah Riau
    18 Timnas Indonesia U-23 Cetak Sejarah Usai Bungkam Australia
    19 Arus Mudik dan Balik Lebaran, Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru Mencapai 157.480 Orang
    20 Ahad Malam, Pj Gubri akan Buka MTQ Ke-42 Tingkat Provinsi di Dumai
    21 Jelang MTQ Ke-42 Provinsi Riau Tahun 2024, Kafilah Kota Pekanbaru Ikuti Pemusatan Latihan
    22 Pelatihan Vokasi Juru Las PHR Jadikan Pemuda Riau Siap Kerja
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau