Orientasi Pengelola Rumah Data Kependudukan Tahun 2023
Senin, 13-03-2023 - 19:21:00 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU -- Dalam rangka pemenuhan kebutuhan data yang menjadi basis perencanaan dan pelaksanaan pembangunan kependudukan serta pemantapan dan penguatan dalam pengelolaan Rumah Data Kependudukan (Rumah DataKu), Perwakilan BKKBN Provinsi Riau melaksanakan kegiatan "Orientasi Pengelola Rumah Data Kependudukan bagi Kader dan Operator Aplikasi Rumah DataKu Kabupaten/Kota Tingkat Provinsi Riau yang berlangsung pada tanggal 12-13 Maret 2023 di Hotel Grand Central Pekanbaru.

Dalam Renstra BKKBN dan RPJMN 2020-2024, Tim Kerja Pengendalian Pendududuk memiliki peran strategis dalam pencapaian pembangunan prioritas nasional yaitu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan berdaya saing, dalam kegiatan prioritas percepatan cakupan administrasi kependudukan dengan pengembangan data dan informasi kependudukan yang akurat, lengkap dan tepat waktu dengan indikator program adalah persentase Rumah DataKu Paripurna yang terbentuk di Kampung KB. 

Pentingnya penyediaan data yang valid, terpercaya, dan terbarukan terutama dalam bidang kependudukan di level mikro, mutlak diperlukan guna menunjang perencanaan pembangunan di daerah, serta sebagai dasar pengambilan keputusan maupun kebijakan di tingkat desa/kelurahan untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada. Dan tujuan dari pembangunan, yaitu untuk meningkatkan kualitas dan meningkatkan kesejahteraan penduduk dapat tercapai. 

Selain itu, perencanaan pembangunan di desa/kelurahan dengan menggunakan data yang berkualitas dan terkini akan memberikan gambaran yang jelas serta pembangunan yang dilakukan lebih tepat sasaran.

Rumah Data Kependudukan yang selanjutnya disingkat Rumah DataKu, merupakan kelompok kegiatan masyarakat yang berfungsi sebagai pusat data dan informasi kependudukan di tingkat mikro, untuk memenuhi kebutuhan akan data dan informasi keluarga dalam pembangunan di Kampung KB pada khususnya dan desa/kelurahan pada umumnya. 

Besar harapan dengan Rumah Dataku akan menjadi pusat data dan informasi kependudukan di wilayah tingkat desa, selain itu dapat juga sebagai penyedia data basis bagi intervensi pembangunan serta menjadi instrumen pendidikan data kependudukan bagi masyarakat tentang pentingnya data dan aspek kependudukan dalam pembangunan. 

Rumah DataKu sebagai kelompok kegiatan masyarakat yang berfungsi sebagai pusat data dan informasi kependudukan/keluarga di tingkat mikro menjadi krusial peranannya untuk memenuhi kebutuhan akan keterpaduan data yang bersumber dari masyarakat. Oleh sebab itu, keberadaan Rumah DataKu penting untuk diwujudkan di seluruh desa/kelurahan untuk dapat memasok kebutuhan data yang akan digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan. 

Salah satu tujuan dari pendirian Rumah DataKu di wilayah desa/kelurahan adalah sebagai penyedia data dan analisis kependudukan serta informasi keluarga bagi pemerintah dan lintas sektoral dalam upaya memberikan intervensi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tepat sasaran dan tepat guna. 

Sehingga secara bersamaan dapat memperkuat Rumah Data yang tidak semata-mata sebagai tempat mengumpulkan dan mengolah data penduduk dalam skala mikro namun juga sebagai wahana koordinasi kelompok sasaran intervensi pembangunan desa, sekaligus pusat pembelajaran kader pendata di desa. 

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si berharap dengan diadakan orientasi ini, dapat meningkatkan pemahaman pengelola terkait penyelenggaran Rumah DataKu baik dari segi pengumpulan, pengolahan, penyajian serta analisis data di tingkat mikro sehingga dapat tersedianya data di tingkat Desa/Kelurahan yang berkualitas serta dapat dimanfaatkan untuk perencanaan pembangunan mulai dari tingkat desa/kelurahan.

Materi yang disampaikan pada orientasi ini yaitu Arah dan Kebijakan Program Perencanaan Pengendalian Penduduk Tahun 2023 oleh Ketua Tim Kerja Pengendalian Penduduk Ermayani, SE.Ak, Peran BPS Provinsi Riau dalam Pengelolaan Rumah DataKu melalui Program Desa Cantik oleh Fungsional Pranata Komputer Ahli BPS Provinsi Riau Dadang Sunandar, SST, MT, Program Bangga Kencana dalam Permendagri 050-3780 tahun 2020 tentang Pemutakhiran Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappedalitbang Provinsi Riau Heriyanto, S.Hut, MT, Pojok Edukasi Kependudukan untuk Masyarakat (PESAT), Manajemen Pengelolaan Rumah Data Kependudukan dan Panduan Penggunaan Website Aplikasi Rumah Data Kependudukan oleh Tim Kerja Kampung KB dan Rumah Data Kependudukan dan Petunjuk Pengisian K0 Rumah DataKu dan Kampung KB di New SIGA oleh Tim Kerja Data dan Informasi.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan Penandatanganan Kerja Sama antara Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau dengan Dekan FMIPA Universitas Riau.

Peserta kegiatan ini yaitu Kabid/Kasubbid yang menangani Rumah DataKu, PKB/PLKB yang menjadi Pembina Rumah DataKu, Ketua/Kader Rumah DataKu Target Lokus Pro PN Tahun 2023. (AD/RLS)



 
Berita Lainnya :
  • Orientasi Pengelola Rumah Data Kependudukan Tahun 2023
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemprov Riau Pekan Depan Mulai Perbaiki Jalan Rusak di Pekanbaru
    02 Terkait Pengembangan Rest Area Tol Permai, Pj Sekdaprov Riau Harap BUMD Saling Bersinergi
    03 Akhir Pekan, Sebahagian Besar Wilayah Riau Masih Akan Diguyur Hujan
    04 MTQ XLII Tingkat Provinsi Riau, Diikuti 809 Peserta dari 12 Kabupaten Kota
    05 Menhub Beri Bantuan "By The Service" ke Pemprov Riau
    06 Kolaborasi ELNUSA dan PHR Sukses Rampungkan Proyek Survei Seismik 3D Balam South East
    07 Gelar Halal Bi Halal, Edy Natar Kembali Ceritakan Perjalanan GSSB Riau
    08 Indosat Ooredoo Hutchison dan Mastercard Umumkan Kemitraan Cybersecurity Center of Excellence
    09 Gebyar BBI/BBWI 2024, Pj Gubri Minta Dukungan Menteri Perhubungan
    10 Cacar Monyet Strain Baru di Kongo Ditemukan WHO, Disebut Lebih Mematikan
    11 Penerbangan di Beberapa Kota Iran Dihentikan Buntut Dari Serangan Israel ke Iran
    12 PUPR Pekanbaru Mulai Perbaikan Jalan Taman Karya
    13 Setelah Israel Meluncurkan Rudalnya ke Iran, Harga Minyak Melesat 3 Persen
    14 Konsumsi Bahan Bakar Minyak di Riau Meningkat Selama Idulfitri 1445 H
    15 Waspada Cuaca Ekstrem, Hari Ini BMKG Perkirakan Hujan di Sebahagian Besar Wilayah Riau
    16 Timnas Indonesia U-23 Cetak Sejarah Usai Bungkam Australia
    17 Arus Mudik dan Balik Lebaran, Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru Mencapai 157.480 Orang
    18 Ahad Malam, Pj Gubri akan Buka MTQ Ke-42 Tingkat Provinsi di Dumai
    19 Jelang MTQ Ke-42 Provinsi Riau Tahun 2024, Kafilah Kota Pekanbaru Ikuti Pemusatan Latihan
    20 Pelatihan Vokasi Juru Las PHR Jadikan Pemuda Riau Siap Kerja
    21 Pj Gubri SF Hariyanto Apresiasi Semua Pihak Jalur Mudik di Riau Lancar
    22 Rayo Onom di Baserah, Kadisbud Riau: Segera Daftarkan Buah Golek untuk Warisan Budaya
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau