Dukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi (GNPIP) Tahun 2023
TPID Provinsi Riau dan TPID Kabupaten Kampar Panen Cabai Demplot Digital Farming
Selasa, 28-02-2023 - 09:04:00 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU -- Sebagai bentuk keseriusan komitmen TPID dalam implementasi program Digital Farming budidaya cabai yang diresmikan pada acara GNPIP tahun 2022, TPID Provinsi Riau dan TPID Kabupaten Kampar melakukan panen perdana cabai hasil digital farming di lahan Kelompok Tani Jaring Mas Sejahtera, Dusun Pematang Kulim, Desa Pulau Birandang, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar pada tanggal 27 Februari 2023. 

Kegiatan panen perdana dihadiri oleh PJ Bupati Kampar – Bapak Dr. H. Kamsol, MM., selaku Ketua TPID Kabupatan Kampar, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau – Bapak Muhamad Nur, Direktur Utama BRK Syariah – Bapak Dr. Ir. Andi Buchari, MM., serta perwakilan TPID Provinsi Riau – Bapak Yurnalis selaku Staf Ahli Bidang Hukum Pemerintahan & Kemasyarakatan, Kadis PTPH & Biro Ekonomi. 

Kegiatan panen perdana dilakukan di lahan demplot cabai merah yang dikembangkan oleh TPID Kabupaten Kampar bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau dan TPID Provinsi Riau ini telah menerapkan konsep Digital Farming berbasis Internet of Things (IoT) untuk otomasi penyiraman dan pemupukan tanaman, serta memberdayakan Kelompok Tani Jaring Mas Sejahtera. 

Intalasi IoT yang dikembangkan di lahan tersebut telah dimulai sejak September 2022 sebagai salah satu program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), dan berhasil menjadi demplot digital farming terbesar di Indonesia. 

Kegiatan panen perdana ini juga merupakan langkah TPID untuk menggalakkan GNPIP Riau di tahun 2023, selain dari berbagai pasar murah yang telah digelar sebelumnya selama awal tahun 2023. 

“Ini panen perdana di lahan digital farming yang dikembangkan bersama oleh TPID Kabupatan Kampar dan TPID Provinsi Riau bekerja sama dengan Bank Indonesia. Masa panen akan berlangsung hingga 3 bulan kedepan dengan total panen mencapai sekitar 8 ton untuk lahan seluas 0,7 hektar ini. Kedepan, perlu kita kawal bersama pengembangannya agar dapat direplikasi untuk meningkatkan produksi cabai lokal dari Riau, sehingga dapat memenuhi kebutuhan kita di Riau dan menjaga harga cabai merah tetap stabil. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi awal yang baik untuk mendukung GNPIP tahun 2023, yang salah satu program utamanya adalah gerakan tanam cabai, ataupun komoditas tabama atau hortikultura yang menjadi penyumbang inflasi di Riau,” tutur Dr. H. Kamsol, MM., PJ Bupati Kabupaten Kampar. 

Selain itu, TPID Provinsi Riau mendorong agar teknologi pada sektor pertanian ini dapat direplikasi oleh petani-petani cabai merah ataupun komoditas hortikultura atau sayur-mayur lainnya, sehingga pertanian berbasis digital dapat terus berkembang, dan petani semakin modern/melek teknologi, serta dapat meningkatkan produktivitas, sekaligus efisiensi biaya tenaga kerja. Penerapan Digital Farming berbasis IoT ini terbukti memiliki keunggulan dibanding pertanian secara konvensional. 

“Salah satu kelebihan dari pemanfaatan IoT pada budidaya cabai adalah proses penyiraman dan pemupukan dapat dilakukan dengan tepat waktu dan takaran yang tepat. Aspek ini sangat krusial untuk meningkatkan produksi, mengingat karakteristik tanah di Riau yang secara umum kurang optimal untuk budidaya komoditas hortikultura dibanding daerah lain seperti Sumatera Barat dan di wilayah Jawa. Penerapan IoT membantu petani memperoleh hasil panen yang maksimal, dan kita disini melihat hasil panen 1 batang pohon mampu menghasilkan minimal 1,2 kg cabai dalam satu siklus panen,” pungkas Muhamad Nur, Kepala Perwakilan BI Provinsi Riau. 

Selain panen perdana cabai merah, kegiatan juga diisi dengan beberapa agenda seperti demo pembuatan Pupuk Biosaka oleh Dinas DPTPH Prov. Riau, pemberian bantuan pengembangan cabai merah keriting dan hand traktor (TR2) oleh Pemerintah Provinsi Riau yang diberikan kepada 10 Kelompok Tani di wilayah Riau, serta simbolis pemberian mikro KUR pada anggota Poktan Jaring Mas Sejahtera oleh Bank Riau Kepri (BRK) Syariah. 

Pada saat yang sama, TPID Provinsi Riau juga menggelar pasar murah untuk memeriahkan acara. Masyarakat sekitar Dusun Pematang Kulim dapat membeli berbagai barang kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, telur ayam, cabai merah, bawang merah, bawang putih, gula pasir, dan tepung terigu dengan beragam variasi pilihan kualitas dan merk, dengan harga yang terjangkau dibawah HET. 

Berbagai pihak turut berkolabarasi dalam penyelenggaraan pasar murah ini, termasuk Perum BULOG divre Riau dan Kepri, Dinas PTPH Provinsi Riau, Disperindag Provinsi Riau, PT SPR Trada, serta Poktan Jaring Mas Sejahtera yang juga dapat langsung menjual hasil panennya di pasar murah ini. 

Kemudian ada yang berbeda dari pasar murah kali ini, masyarakat diberi kesempatan untuk membeli bahan pokok dengan harga yang lebih murah lagi. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau menawarkan kesempatan pada masyarakat yang memiliki dompet digital untuk melakukan scan QRIS hanya sebesar Rp1,- (satu rupiah) untuk mendapatkan voucher potongan harga senilai Rp10.000,- (sepuluh ribu rupiah). Voucher tersebut dapat digunakan sebagai potongan harga ketika pembayaran. Disini masyarakat dapat merasakan pengalaman menggunakan pembayaran digital melalui QRIS, sekaligus memberi insentif tambahan bagi masyarakat yang berbelanja di pasar murah. 

Selain itu, bagi masyarakat yang belum memiliki dompet digital dapat langsung membuka rekening ataupun aktivasi mobile banking dengan bantuan BRK Syariah, dengan tujuan untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat sekitar. Kedepannya, upaya TPID Provinsi Riau untuk mengendalikan inflasi cabai ataupun inflasi komoditas lainnya akan tetap ditingkatkan dengan mengacu pada framework pengendalian inflasi 4K (Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif). 

Beberapa upaya untuk menjaga inflasi yang telah dan akan dilakukan selama tahun 2023 antara lain: percepatan implementasi Kerja sama Antar Daerah (KAD), baik dengan provinsi lain maupun intra kabupaten/kota di Provinsi Riau untuk menjaga keseimbangan pasokan dan permintaan, pemberian bantuan teknis untuk hilirisasi produk komoditas cabai, dan secara berkala memperkenalkan serta mendorong masyarakat untuk menggunakan produk olahan cabai melalui Iklan Layanan Masyarakat (ILM), dan pelaksanaan pasar murah saat diperlukan. (JG/RLS)



 
Berita Lainnya :
  • TPID Provinsi Riau dan TPID Kabupaten Kampar Panen Cabai Demplot Digital Farming
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Ada Potensi Hujan Ringan di Kota Pekanbaru
    02 Pj Gubri Bantu Pembangunan Rumah Suluk Senilai Rp3,5 Miliar
    03 Plt Kakanwil Kemenag: Mulai 24 Juni, Jemaah Riau Kembali ke Tanah Air
    04 Pj Gubri ajak Warga Teladani Sikap Syekh Ma'sum Tambusai
    05 Berikut Prakiraan Cuaca BMKG Pekanbaru Hari ini
    06 Momentum Iduladha, Pj Gubri Ajak Masyarakat Jaga Persatuan dan Kesatuan agar Semakin Kompak
    07 Polda Riau Salurkan 52 Hewan Kurban
    08 PHR Salurkan 32 Ekor Sapi Kurban di Blok Rokan
    09 Bersama Ribuan Jemaah, Pj Gubri Salat Iduladha di Halaman Kantor Gubernur Riau
    10 Idul Adha, Ada Potensi Hujan di Riau
    11 Setor Rp.1.000 ke BRK Syariah Pekanbaru Arifin Ahmad, Pelajar Langsung Miliki Tabungan Simpel
    12 Unri Batalkan Kenaikan UKT
    13 Waspada Ada Potensi Hujan di Kota Pekanbaru, Pada Siang Hingga Malam Hari
    14 Gerakan Masyarakat Mahasiswa Pemantau Riau Awasi Kegiatan Semenisasi PUPR - PKPP
    15 Pemkab Bengkalis Apresiasi Kegiatan Sosialisasi Tabungan Simpel dari BRK Syariah
    16 Akhir Pekan Cuaca Cerah Berawan, Dan Ada Potensi Hujan di Riau
    17 Siapkan Pengalaman Digital Berbasis AI di Seluruh Indonesia
    18 Ruang Panel Listik Terbakar, Layanan BRK Syariah Dipastikan Tidak Terganggu
    19 PJ Gubri Minta Pemko Atasi Genangan Air di Depan RS Awal Bros
    20 Sempena HUT Pekanbaru BRK Syariah Gelar Seminar Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban Bersyariah
    21 Termasuk Terendah di Dunia, Inflasi RI Terus Turun dalam 10 Tahun Terakhir
    22 Inovasi Quality Control, PHR Kembangkan Aplikasi I-TRUST untuk Tingkatkan Keandalan Operasi Migas
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau