Penerbangan
Bandara Japura Rengat Butuh Dukungan Pemda Untuk Buka Kembali Penerbangan Rengat - Batam 2023
Rabu, 30-11-2022 - 09:23:05 WIB
Alex Rudi
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, Riautribune.com- Bandar Udara (Bandara) Japura Rengat Indragiri Hulu berencana membuka pelayanan penerbangan rute Rengat tujuan Batam pulang pergi (PP) pada tahun 2023. Rute yang sama pernah dibuka pada tahun 2018 lalu.

Kepala Bandara Japura  Rengat Alek Rudi mengatakan, rencana dibukanya kembali pelayanan penerbangan rute Rengat tujuan Batam (PP) tahun 2023, akan terlaksana dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah, dalam hal ini pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi seperti yang pernah dilakukan pada tahun 2018 lalu, meski hanya bertahan selama enam bulan karena tidak adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah.

" Rencana ini perlu dukungan penuh dari pemerintah daerah khususnya pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, berupa sebuah komitmen untuk memberikan kepastian penggunaan perjalanan dinas dengan menggunakan transportasi udara, yang nantinya akan disediakan oleh pihak Wings Air untuk rute Rengat tujuan Batam (PP)," ungkap Alek, Rabu (30/11).

Alek berkeyakinan, jika komitmen bersama dapat terlaksana, maka pelayanan penerbangan rute Rengat tujuan Batam PP akan berlangsung pada tahun 2023, bahkan jika terus berjalan dalam waktu tiga bulan akan dicoba menambah rute baru pelayanan penerbangan Rengat tujuan Padang (PP) untuk program tahun 2024.

"Selain berharap pada pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, kami juga berharap dukungan dari pengusaha daerah yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), untuk dapat membantu anggaran secara bersama sama sebesar Rp 1 Miliar untuk jaminan yang merupakan kebijakan Wings Air dalam sistem kerjasama Block Seat, 40 Seat dari Batam dan 40 Seat dari Rengat," jelas Alek.

Nantinya tipe pesawat yang melayani rute penerbangan Rengat tujuan Batam (PP) tipe pesawat ATR 72, dengan harapan dapat ditumpangi 70 penumpang sekali terbang, dengan rincian 60 penumpang dari Rengat dan 70 penumpang dari Batam. Untuk itu perlu dilakukan dialog kembali pada maskapai Wings Air terkait perjanjian kerjasama ini.

Alek menambahkan, harapan untuk terlaksananya dibukanya pelayanan penerbangan rute Rengat tujuan Batam (PP) ini juga ditujukan pada pemerintah Provinsi Riau, dalam hal ini Gubernur Riau dapat membicarakan hal ini pada pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, dalam hal peanggaran dana subsidi penerbangan yang nantinya disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri untuk mendapatkan persetujuan subsidi penerbangan. Diusulkan tahun 2023 untuk subsidi penerbangan tahun 2024.

" Anggaran subsidi penerbangan dapat disediakan oleh pemerintah provinsi, seperti provinsi Sulawesi Selatan, yang menganggarkan subsidi penerbangan, hal ini disampaikan Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan pada Sekjen Kementerian Dalam Negeri saat zoom meeting, membahas konektifitas penerbangan antar wilayah dengan adanya kerjasama Kementerian Perhubungan dan Kementerian Dalam Negeri, zoom meeting itu diikuti seluruh kepala daerah provinsi dan kabupaten se Indonesia, 22 November 2022, pukul 10 WIB," ungkap Alek.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah menggunakan anggaran subsidi penerbangan untuk rute penerbangan Toraja tujuan Balikpapan (PP) tahun 2021, dan rute penerbangan Bone tujuan Makasar dan Bone tujuan Kendari (PP) tahun 2022 dan rute Selayar tujuan Makasar (PP) tahun 2023 mendatang.

" Jadi ini yang kita harapkan dari pemerintah daerah dalam hal ini pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu dan pemerintah Provinsi Riau, karena pemerintah kabupaten tidak bisa langsung menganggarkan ke Kementerian Dalam Negeri harus melalui pemerintah provinsi, dalam hal ini kami pihak Bandara Japura telah menjembati dengan pihak Wings Air, jika pelayanan penerbangan rute Rengat tujuan Batam (PP) ini terlaksana tahun depan kami siap untuk melayani penerbangan siang dan malam, " tegas Alek Rudi, Alumni SMA Negeri 2 Pekanbaru. (Adr)



 
Berita Lainnya :
  • Bandara Japura Rengat Butuh Dukungan Pemda Untuk Buka Kembali Penerbangan Rengat - Batam 2023
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemprov Riau Terima Penghargaan Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2023
    02 Semangat Berbagi PHR, Wujud Syukur atas Keberhasilan Tajak Sumur Eksplorasi Pinang East
    03 Hingga Februari Kanwil DJP Riau Kumpulkan 3,01 Triliun,
    04 Transaksi dan Layanan Meningkat Jelang Lebaran, BRK Syariah Tetap Optimalkan Pelayanan Prima
    05 Cuaca Cerah Berawan, Puluhan Hotspot Terpantau Hari ini.
    06 Pj Gubernur Riau: Lancang Kuning Carnival Bakal Tampilkan Fesyen Lokal Menuju Kancah Internasional
    07 Pemprov Riau Bersama Mesjid An-Nur serahkan santunan 150 Anak Yatim
    08 Polda Riau Kerahkan 3.508 Amankan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024
    09 Jelang Idulfitri, Pj Gubri Harap Seluruh Jajaran Amankan Arus Mudik
    10 Dishub Imbau Masyarakat Lapor Jika Temukan Jukir Liar
    11 Direksi BRK Syariah Lanjutkan Safari Ramadan Bersama Pemprov Kepri dan Berikan Bantuan CSR
    12 Yuk Baca Mudikpedia agar Mudik Ceria dan Penuh Makna
    13 Cuaca Cerah Berawan, Waspada 120 Hotspot Terpantau di Riau.
    14 Tingkatkan Sarana, Masjid Al Huda Pian Padang Natuna Terima Dabamas BRK Syariah
    15 Jabatan Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun Segera Berakhir, Pemprov Riau Segera Proses ke Kemendagri
    16 Indosat Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal
    17 Besok, Pj Gubri Akan Santuni 150 Anak Yatim Dalam Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Raya Annur
    18 Safari Ramadan di Rokan Hilir, CSR BRK Syariah Kembali Disalurkan
    19 Para Pelaku Usaha Pemotongan Ayam di Pasar Belantik Siak Terima Surat Keterangan Halal
    20 Kick off Riau Sharia Week 2024: BI Gelar Capacity Building Nazhir Wakaf Produktif Bersama BWI Riau
    21 Masjid Al Fatah Kuansing Terima Dana CSR, Asisten I Pemprov Riau Ajak Menabung di BRK Syariah
    22 Disperindag Mulai Lakukan Tera Ulang di Sejumlah SPBU di Pekanbaru
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau