Geliat Kampung KB Tuah Madani
Inovasi “Cemara Stunting” di Kelurahan Air Putih Kota Pekanbaru Provinsi Riau
Selasa, 25-10-2022 - 19:45:00 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU -- Sebuah inovasi diusung oleh Kampung KB Tunas Harapan  Kelurahan Air Putih Kota Pekanbaru dengan nama Cemara Stunting ( Celengan Masyarakat Cegah Stunting). 

Cemara Stunting merupakan hasil dari Celengan Peduli Stunting yang disebarkan kepada masyarakat dan hasil pengumpulan uang dari celengan tersebut ini diserahkan kepada Ibu Hamil dan Baduta beresiko Stunting.

Dilatarbelakangi oleh tinggi nya kasus stunting di Indonesia dan gencarnya pemerintah menyuarakan pencegahan Stunting, para remaja yang tergabung dalam PIK R  Tunas Bangsa yang beranggotakan para remaja di Kelurahan Air Putih tidak mau tinggal diam dan merasa peduli ikut serta dalam upaya pencegahan stunting dengan membentuk Satuan Tugas Peduli Stunting (Satgas Pesta). 

Satgas Pesta yang diketuai oleh Saudari Silvi, dibentuk pada Desember tahun 2020 dan secara resmi di terbitkan SK oleh Camat Tuah Madani NOMOR : 06/KPTS/KPT/III/2021.

Berdasarkan data Hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) menunjukan prevalensi anak di bawah lima tahun (balita) yang mengalami stunting di Provinsi Riau sebesar 22,3%, dan untuk kota Pekanbaru sendiri sudah diangka 11,4 % terendah di Provinsi Riau. 

Walaupun Pekanbaru sudah jauh dibawah angka Nasional, tetap saja angka ini tetap harus kita pertahankan atau lebih diturunkan lagi, mengingat sumbangan angka Stunting kota Pekanbaru akan berdampak untuk rata rata prevalensi Stunting di Provinsi Riau.

Melalui inovasi Cemara Stunting yang merupakan hasil dari Celengan Peduli Stunting yang dikumpulkan oleh masyarakat dan dibagikan kepada ibu hamil dan baduta beresiko stunting di wilayah kelurahan Air Putih dalam bentuk Parsel yang isinya beras, telur, Susu Ibu Hamil, MPASI, biskuit bayi, tablet tambah darah, asam folat, sayur serta buah-buahan yang memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan anak Baduta.

"Celengan yang diberi label celengan peduli stunting kami titipkan kepada masyarakat, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk diedarkan kepada warga yang peduli, mampu dan mau berbagi menyisihkan uangnya. Tugas satgas Pesta lah yang menjemput dan mengumpulkan celengan yang dititipkan kepada masyarakat tersebut. Setiap bulan uang dalam celengan di bongkar dan kami belikan parsel tersebut," ucap Silvi.

Pembongkaran Cemara Canting di hadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si. Kepala Dinas Pengendalian penduduk dan KB Kota Pekanbaru , Drs. Muhammad Amin, M.Si serta beberapa dinas instansi terkait.

Mardalena menyampaikan, saat ini sudah terbentuk 311 Kampung KB yang tersebar di 12 Kabupaten Kota di Provinsi Riau. Dari 311 Kampung KB, Kampung KB Tuah Madani adalah salah satu Kampung KB yang geliatnya sangat terasa. 

“BKKBN tugasnya tidak hanya mengurus masalah Keluarga Berencana saja, sesuai amanat UU nomor 52 tahun 2009 salah satu tugas BKKBN  adalah pengendalian penduduk , yang dikemas dengan Program Pembangunan Keluarga , Kependudukan dan Keluarga Berencana atau yang disingkat dengan Bangga Kencana, salah satunya adalah bagaimana mewujudkan pembangunan keluarga di kampung keluarga berkualitas (Kampung KB)," ujar Mardalena.

Mardalena juga menjelaskan, dengan keluarnya Inpres nomor 3 tahun 2022 tentang optimalisasi penyelenggaraan kampung KB pelaksanaan program di kampung KB tidak hanya tanggung jawab BKKBN dan Dinas Pengendalian Penduduk dan KB saja, tapi ada 13 kementrian yang harus bertanggungjawab, semangat gotong royonglah yang diharapkan muncul dari kita bersama untuk “mengeroyok” Kampung KB, bersinergi dan berkolaborasi sehingga diharapkan lahir lah SDM SDM yang berkualitas.

"Saya masuk dalam grup wa Kampung KB Tuah madani ini, dan saya sangat mengetahui geliat kampung KB ini,” ucapnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Kepala Balai Bahasa Kota Pekanbaru, Dewan Perpustakaan Riau, Camat Tuah Madani, Lurah Air Putih, Ketua Forum RT RW, penggiat literasi, Ahli Gizi serta dosen Stikes Hang Tuah Pekanbaru.

Secara simbolik, dilakukan pembongkaran Cemara Stunting dan dilanjutkan dengan pemberian parcel kepada ibu hamil dan anak baduta beresiko stunting yang berada di Kelurahan Air Putih, Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. (AD/RLS)



 
Berita Lainnya :
  • Inovasi “Cemara Stunting” di Kelurahan Air Putih Kota Pekanbaru Provinsi Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Putra-Putri Riau Mulai Menjalani Program Magang Kerja PHR
    02 Pelaksanaan MTQ Pekanbaru ke-55 Diundur Tanggal 12 Sampai 17 Februari
    03 Sore Hingga Malam Hari Hujan Berpotensi Terjadi di Riau
    04 Cegah Stunting, PHR - PKBI Edukasi Siswi di SMKN 1 Kandis
    05 Pemko Pekanbaru Ajak Semua Elemen Kembali Geliatkan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19
    06 Potensi Hujan Minim, Hanya Terjadi Pada Beberapa Wilayah
    07 KawasaN Wisata Wawasan Lingkungan Tahura SSH Riau, On The Track.
    08 Harga Sejumlah Bahan Pokok Masih Tinggi, Pemko Pekanbaru Upayakan Intervensi Harga
    09 Mulai Sore Hari Wilayah Riau Berpotensi Hujan
    10 RAPP Dukung Komitmen Pemprov Riau Dalam Implementasi Pembangunan Rendah Karbon di Provinsi Riau
    11 Kanwil DJP Riau Ajak Masyarakat Kembali Penuhi Kewajiban Perpajakan di Tahun 2023
    12 Sepanjang Hari Ini Hujan Akan Mengguyur Wilayah Riau
    13 PHR Akan Tindak Tegas Kontraktor Yang Lalai Terapkan K3
    14 Patroli Blue Light dimalam Perayaan Imlek, Polresta Amankan 37 Sepeda Motor
    15 Program Pencegahan Stunting PHR Bersama Pemkab Kampar Dipuji Presiden Jokowi
    16 4 Membran Payung Elektrik Masjid Raya Annur Riau Terpasang
    17 BMKG Pekanbaru: Hujan Hari Ini Terjadi di Sebagian Kecil Wilayah Riau
    18 Tahun Ini Dishub Usulkan Peremajaan 923 Titik Lampu Jalan
    19 Pendaftaran IDCamp X KADIN 2023 Telah Dibuka, IOH Targetkan Ribuan Talenta Digital Muda Bergabung
    20 Road Show hingga Bedah Kampus, Mamun Murod: Jangan Ragu Masuk IPB!
    21 PHR Temukan Cadangan Minyak Ribuan Barel
    22 Intensitas Hujan di Riau Hari Ini Mulai Berkurang
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau