Susun Strategi Peningkatan Penerimaan, Kakanwil DJP Riau Sambangi Bupati Kepulauan Meranti
Sabtu, 01-10-2022 - 13:41:00 WIB

TERKAIT:
   
 

SELATPANJANG -- Kantor Wilayah (Kanwil) DirektoratJenderalPajak (DJP) Riau bersamadengan Kantor PelayananPajak (KPP) PratamaBengkalis dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Selat Panjang melakukan kunjungan dalam rangka One on One Meeting mengenai Tindak Lanjut Perjanjian Kerja Sama (PKS) Tripartit antara DJP, DJPK dan Pemerintah Daerah ke Bupati Kepulauan Meranti di Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Selasa (28/9).

Tim dari DJP diwakili oleh Kepala Kanwil DJP Riau Ahmad Djamhari, Kepala KPP Pratama Bengkalis Eko Cahyo Wicaksono, Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Asprilanto Miardi Widodo serta jajaran tim lainnya. 
Sedangkan dariPemkab Meranti langsung dihadiri oleh Bupati Muhammad Adil serta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kep. Meranti.

Mengawali acara, Ahmad menyampaikan, "Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian kita dalam pelaksanaan PKS ini. Hal-hal tersebut berupa penyusunan Tim kerja bersama, pelaksanaan alur PKS, fokus optimalisasi pajak pusat dan pajakdaerah, pertukaran data antara DJP dan Pemkab Kep. Meranti serta tantangan dan hal - hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapit antangan tersebut," ujar Kakanwil DJP Riau.
 
Langkah selanjutnya yang akan menjadi perhatian seluruh pihak dalam pelaksanaan PKS tersebut adalah pertukaran data dalam rangka pembangunan data perpajakan yang berkualitas untuk meningkatkan penerimaan pusat dan daerah dari sektor perpajakan.

"Kita membangun sinergi, kolaborasi dan akselerasi melalui kegiatan hari ini.  Lewat data yang dipertukarakan, kita akan bersama-sama melakukan pengawasan terhadap wajib pajak yang nanti akan disepakati. Apa yang kita harapkan adalah efektifitas dan efisiensi dalam pengolahan dan pemanfaatan data perpajakan," ujar Ahmad di akhir sambutannya. 

Menanggapi sambutan dari Kepala Kanwil DJP Riau, Adil selaku Bupati Kepulauan Meranti menyampaikan, "Saya menyambut baik kerjasama ini. Hari ini hadir OPD utama, kontributor dan pendukung, harapan saya agar semua OPD dapat terlibat dan berkontribusi semaksimal mungkin. Di Kepulauan Meranti masih banyak potensi pajak yang sebetulnya dapat kita optimalkan. Jika dihitung, di Meranti ada 81.000 ha kebun sagu, namun saya berharap, dalam pelaksanaan PKS ini jangan sampai memberatkan warga, mengingat masa panen sagu yang cukup lama, mungkin kita perlu menyesuaikan terhadap tindakan yang akan dilakukan," ujar Adil.

Adil juga menyampaikan agar seluruh OPD yang hadir menanyakan hal-hal yang mungkin nanti akan menjadi pertanyaan saat pelaksanaan PKS, sehingga setelah pertemuan tersebut, seluruh OPD dapat terlibat dan melaksanakan perjanjian kerjasama tersebut dengan optimal. 

PKS Tripartit DJP, DJPK dan Pemerintah Daerah adalah PerjanjianKerja Sama yang mengikat tiga pihak dengan tujuan utama untuk mengoptimalkan pemungutan pajak pusat dan pajak daerah. Dalam pelaksanaannya, sektor-sektor yang disasar di masing-masing daerah mungkina kan berbeda antara satu dengan yang lain. 

Di Kepulauan Meranti, sektor yang menjadi sasaran utama adalah Sagu dan Walet. Melalui kerjasamaini, DJP dan pemerintah daerah KabMeranti berharap kepatuhan perpajakan di Kep. Meranti akan meningkat dan penerimaan pajak pusat dan daerah juga akan meningkat seiring dengan kesadaran pajak yang tumbuh. (JG/RLS)



 
Berita Lainnya :
  • Susun Strategi Peningkatan Penerimaan, Kakanwil DJP Riau Sambangi Bupati Kepulauan Meranti
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Dari Nasib Suku Sakai Hingga Perda Pemberdayaan Masyarakat Adat
    02 Doa Korban Kebakaran Terkabulkan Diberi Kasur Empuk dari Caisar Spring Bed
    03 Mulai Malam Hari Hujan Berpotensi Terjadi Pada Beberapa Wilayah di Riau
    04 Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Jadi Narasumber Dalam Rakorda Komisi Penanggulangan AIDS (KPA)
    05 Mulai Malam Hari, Hujan Akan Mengguyur Beberapa Wilayah di Riau
    06 Kanwil DJP Riau bersama KPP Pratama Dumai Tandatangani DSPB dengan Pemko Dumai dan Pemkab Rohil
    07 Titik Panas Nihil, Hujan Berpotensi Terjadi Pada Beberapa Wilayah di Riau
    08 Hujan Berpotensi Terjadi di Sebagian Besar Wilayah Riau
    09 Cegah Cemas Karena Resesi, Tabungan Emas Jadi Solusi
    10 Sobat Expo Adira Finance Dapat Sambutan Antusias Warga
    11 Syamsuar  Sebut Peningkatan PAD Kunci Keberhasilan Otonomi Daerah
    12 Fadila: Audit Dulu Pengerjaan Tahun 2022 Yang Banyak Masalah
    13 Akhir Pekan, Adira Finance Gelar Sobat Expo 2022 di Mal SKA
    14 BKKBN Riau Kukuhkan Dandim Rokan Hilir Jadi Bapak Asuh
    15 Rokan Hilir Berkomitmen Turunkan Stunting
    16 Sore Hingga Dini Hari Berpotensi Terjadi Hujan di Wilayah Riau
    17 Ratusan Siswa/i SMA se-Siak Ikuti Lomba Cerdas Cermat
    18 Sebagian Besar Wilayah Riau Berpotensi Hujan Hari Ini
    19 Inovasi “Cemara Stunting” di Kelurahan Air Putih Kota Pekanbaru Provinsi Riau
    20 Soal Eksekusi PN Siak, Penghulu dan Tokoh Masyarakat Minta Hormati Proses Hukum
    21 BKBBN Riau Bekali Siswa SMA Negeri 6 Pekanbaru Terkait Kesehatan Reproduksi
    22 Jumlah Titik Panas Meningkat, Hujan Masih Berpeluang Terjadi Pada Beberapa Wilayah
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau