Hadapi Dunia Digital Indonesia 4.0, BharabasCamp Resmi Diluncurkan
Rabu, 28-09-2022 - 19:23:00 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU -- Bharabas resmi meluncurkan sebuah program luar biasa yang bertajuk pelatihan untuk siswa-siswa  sekolah menengah kejuruan yang bertujuan membina para siswa untuk siap menghadapi dunia digital Indonesia 4.0 yang diberi nama BharabasCamp. 

Kegiatan ini dilalukan tepat pada acara seminar Digital Creative Economy for Indonesia 4.0  yang menghadirkan para pembicara yang expert dibidangnya, Puja pramudya yang merupakan Head Engineering eFishery & Co-Founder ALKADEMI, Rizki Bagus Oka yang merupakan Ketua HIPMI Pekanbaru & Part of Peterseli group, Dardanela selaku direktur utama Bharabas FM, D. Athri Kasih seorang marketing supervisor idCloudHost, juga ada Febrila Arif Praja selaku founder WHTraders dan yang paling utama adalah Ghandi Thaiba yang merupakan Direktur BharabasCamp. 

Acara ini dipersembahkan oleh ALKADEMI-Programing course, dan didukung oleh eFishery, WHTraders, Peterseli, Radya Lab & idCloudHost. 

Dalam seminar Digital Creative Economy for Indonesia 4.0 ini dijelaskan hal-hal menarik seputar revolusi digital di Indonesia dan cara-cara bertahan dan mengikuti perkembangan digital terutama dalam dunia economy creative yang saat ini telah beralih kedunia digital atau online. Hal ini merupakan peran penting dalam berkembangnya economy creative yang telah digitalisasi adalah Sumber Daya Manusia yang kompeten dibidang IT khususnya agar setiap pelaku economi dapat beralih ke digital dalam upaya mengembangkan usaha mereka. 

Untuk mewujudkan indonesia yang siap dalam era digital, berdasarkan riset Mckinsey (2019) dan World Bank (2015), Indonesia membutuhkan 600 ribu talenta digital pertahun agar dapat meraup potensi ekonomi digital sebesar triliun rupiah. Namun, saat ini kebutuhan tersebut hanya mampu dipenuhi sekitar 100-200 ribu saja. Angka tersebut juga masih harus dikurangi dengan angka SDM yang berkualitas dan siap kerja. 

Berdasarkan kenyataan ini Ikatan Alumni Teknik Informatika ITB (IAIF ITB) program studi teknik informatika ITB, dan program studi sistem & teknologi informasi ITB mengajak seluruh para akademisi dan praktisi industri informatika untuk berkolaborasi memecahkan masalah talenta digital di Indonesia, bertepatan dengan 40 Tahun usia pendidikan informatika di Indonesia, IAIF ITB telah mengadakan talkshow yang bertajuk “Masa Depan Talenta Digital Indonesia”. 

Perayaan 40 tahun pendidikan informatika ini bukan hanya di ITB, melainkan juga di seluruh tanah air. Tantangan yang dihadapi indonesia adalah kurangnya talenta digital yang memenuhi ekspektasi kebutuhan dari industri, hal ini bertolak belakan dari jumlah pendidikannya yang cukup banyak, tapi masih sedikit jumlah lulusan yang sesuai ekspektasi industri. 

"Menjadi tantangan bagi kita bukan hanya intitusi pendidikan tapi juga pelaku indudtri dalam menyempurnakan pendidikan indonesia," ujar Saiful Akbar selaku wakil dekan akademik sekolah teknik elektro dan informatika ITB. 

Bersempena 40 tahun pendidikan informatika di Indonesia kami mengajak dan menghimbau kampus di RIAU untuk  ikut berkolaborasi dalam mewujudkan talenta digital yang memenuhi ekspektasi industri nasional dan internasional.  

Dalam upaya mendukung kegiatan kolaborasi 40Tahun Pendidikan Informatika di Indonesia BharabasCamp hadir membina adik-adik dari sekolah kejuruan agar memiliki ilmu tambahan dalam dunia IT agar siap mengahadapi dunia kerja.

BharabasCamp lahir dengan tujuan mulia meghasilakan dan mencetak talenta digital yang sesuai ekspektasi industri dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan talenta digital Indonesia yang mencapai 600ribu pertahun.

BharabasCamp bersama Microsoft melakukan kegiatan pelatihan dan pemagangan online untuk siswa/i SMK secara gratis.  Dimana dalam program ini selama satu bulan akan belajar dengan bahasa program C# yang dapat digunakan untuk  mengembangkan aplikasi diberbagai platform mulai dari WEB, mobile, game, hingga IoT.  

Dan bukan hanya itu, kegiatan ini juga menyediakan hampir 100 posisi magang  selama tiga bulan bagi adik-adik peserta pelatihan dari perusahaan rekanan BharabasCamp. Ayo tunggu apa lagi mari dafftarkan diri kalian dan Became a Programmer for a Bright Future. 

Klik link dibawah ini untuk daftar segera ya 

https://events.maribelajar.org/events/digital-future-skills-net-programming-training/ 

Buruan Daftar dan siapkan diri anda mari terus #BelajarBersama untuk Indonesia Berdaya.(RLS)




 
Berita Lainnya :
  • Hadapi Dunia Digital Indonesia 4.0, BharabasCamp Resmi Diluncurkan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Dari Nasib Suku Sakai Hingga Perda Pemberdayaan Masyarakat Adat
    02 Doa Korban Kebakaran Terkabulkan Diberi Kasur Empuk dari Caisar Spring Bed
    03 Mulai Malam Hari Hujan Berpotensi Terjadi Pada Beberapa Wilayah di Riau
    04 Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Jadi Narasumber Dalam Rakorda Komisi Penanggulangan AIDS (KPA)
    05 Mulai Malam Hari, Hujan Akan Mengguyur Beberapa Wilayah di Riau
    06 Kanwil DJP Riau bersama KPP Pratama Dumai Tandatangani DSPB dengan Pemko Dumai dan Pemkab Rohil
    07 Titik Panas Nihil, Hujan Berpotensi Terjadi Pada Beberapa Wilayah di Riau
    08 Hujan Berpotensi Terjadi di Sebagian Besar Wilayah Riau
    09 Cegah Cemas Karena Resesi, Tabungan Emas Jadi Solusi
    10 Sobat Expo Adira Finance Dapat Sambutan Antusias Warga
    11 Syamsuar  Sebut Peningkatan PAD Kunci Keberhasilan Otonomi Daerah
    12 Fadila: Audit Dulu Pengerjaan Tahun 2022 Yang Banyak Masalah
    13 Akhir Pekan, Adira Finance Gelar Sobat Expo 2022 di Mal SKA
    14 BKKBN Riau Kukuhkan Dandim Rokan Hilir Jadi Bapak Asuh
    15 Rokan Hilir Berkomitmen Turunkan Stunting
    16 Sore Hingga Dini Hari Berpotensi Terjadi Hujan di Wilayah Riau
    17 Ratusan Siswa/i SMA se-Siak Ikuti Lomba Cerdas Cermat
    18 Sebagian Besar Wilayah Riau Berpotensi Hujan Hari Ini
    19 Inovasi “Cemara Stunting” di Kelurahan Air Putih Kota Pekanbaru Provinsi Riau
    20 Soal Eksekusi PN Siak, Penghulu dan Tokoh Masyarakat Minta Hormati Proses Hukum
    21 BKBBN Riau Bekali Siswa SMA Negeri 6 Pekanbaru Terkait Kesehatan Reproduksi
    22 Jumlah Titik Panas Meningkat, Hujan Masih Berpeluang Terjadi Pada Beberapa Wilayah
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau