Sinergi Bank Indonesia dan TPID Riau Perkuat Peran Bumdes Dalam Pengendalian Inflasi Pangan
Senin, 12-09-2022 - 13:47:00 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU -- Sejalan dengan penguatan upaya pengendalian inflasi pangan yang didorong melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di berbagai daerah, Bank Indonesia bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Riau meluncurkan program unggulan optimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Provinsi Riau pada peresmian GNPIP Riau di Kabupaten Kampar, pada 12 September 2022. 

Program pengendalian inflasi daerah tersebut mengoptimalkan peran BUMDes tidak hanya sebagai badan usaha, namun turut berperan dalam menjaga kesinambungan pasokan, serta mengatur efisiensi rantai distribusi untuk komoditas cabai. Dengan program ini, Riau menjadi provinsi pertama di Indonesia yang fokus pada pengembangan peran BUMDes dalam upaya pengendalian inflasi daerah.

Adapun program unggulan lainnya adalah pengembangan budidaya pertanian perkotaan (urban farming) penanaman cabai di lahan pekarangan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Provinsi Riau yang mengedepankan ASN dan KWT sebagai role model masyarakat. Disamping itu, TPID Riau juga menjalin Kerja sama Antar Daerah (KAD) dengan beberapa BUMD pangan di daerah produsen seperti Deli Serdang, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara. 

Atas upaya yang telah ditempuh oleh pemerintah daerah tersebut, Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono mengapresiasi komitmen Gubernur Riau, yang mengarahkan TPID Riau untuk mengendalikan inflasi pangan dalam kerangka GNPIP. Lebih lanjut Doni menyoroti potensi strategis 1.591 BUMDes di Riau, dimana kurang lebih 200 BUMDes yang bergerak di bidang pertanian dapat digerakkan mendukung optimalisasi budidaya cabai. 

“Koordinasi dan kolaborasi erat dari semua pihak yang terlibat, baik dinas PMD selaku pendamping Bumdes, Dinas Pertanian selaku pakar dalam budidaya, Dinas Perindag selaku pengatur pasar dan pihak-pihak lain akan memperkuat terbentuknya ekosistem ini. Untuk itu kami mengajak semua pihak untuk meningkatkan sinergi dalam implementasi upaya pengendalian inflasi," pungkas Doni P. Joewono.

Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar turut menyampaikan, peresmian GNPIP Riau ini merupakan wujud kontribusi Pemerintah untuk menjaga tingkat inflasi melalui penguatan peran dan kinerja BUMDes dalam pemenuhan ketersediaan pasokan di daerah.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Iskandar Simorangkir mengapresiasi langkah strategis perluasan kerja sama antardaerah, penguatan BUMDes pangan sebagai penyedia pasokan maupun stabilisator harta serta pengembangan klaster-klaster pangan. Sejalan dengan hal tersebut, anggota Komisi XI DPR RI, Marsiaman Saragih menegaskan pentingnya sinergi dengan berbagai pihak dalam pengendalian inflasi. 
“Dukungan akses pembiayaan dan teknis guna optimalisasi kinerja BUMDes akan menopang pemenuhan kebutuhan pangan lokal secara mandiri dan mengurangi ketergantungan pasokan pangan dari provinsi lain," ujarnya.

Keberhasilan implementasi program pemberdayaan BUMDes Riau diharapkan semakin memperkuat upaya bersama untuk membawa inflasi pangan pada target kisaran, sehingga kestabilan harga dan ketahanan pangan nasional dapat tercapai. Pada peresmian program GNPIP Riau ini, turut disampaikan Program Dedikasi untuk Negeri dalam bentuk paket Internet of Things (IoT) Digital Farming, Alsintan, serta Sarana Pendukung Pertanian kepada 6 (enam) kelompok tani cabai untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian melalui modernisasi dan digitalisasi pertanian.(JG/RLS)



 
Berita Lainnya :
  • Sinergi Bank Indonesia dan TPID Riau Perkuat Peran Bumdes Dalam Pengendalian Inflasi Pangan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 DJP – Korlantas Jalin Misi Penerimaan Negara
    02 Hujan Masih Berpotensi Terjadi di Sebagian Besar Wilayah Riau
    03 Penegasan Kapolda Riau Irjen Iqbal Pada Apel Ops Zebra: Jangan Ada Perilaku Arogan
    04 Susun Strategi Peningkatan Penerimaan, Kakanwil DJP Riau Sambangi Bupati Kepulauan Meranti
    05 Tokoh Masyarakat Riau Apresiasi Ketegasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Tangani Kasus Duren Tiga
    06 8 WBTb Riau Sah Berstatus Nasional, Gubri Syamsuar: Tahniah Para Maestro!
    07 Bidan Berperan Besar Dalam Penurunan Stunting
    08 Hujan Berpotensi Terjadi di Sebagian Besar Wilayah Riau
    09 Hadapi Dunia Digital Indonesia 4.0, BharabasCamp Resmi Diluncurkan
    10 Sebagian Besar Wilayah Riau Berpotensi Hujan Malam Nanti
    11 Hujan Mengguyur Sebagian Besar Wilayah Riau Pagi Ini
    12 DPD Forum Backstagers Indonesia Siap Bantu Industri Pariwisata Riau
    13 Gadai Elektronik Di Pegadaian, Kini Gak Pake Ribet
    14 Titik Panas Nihil, Hujan Berpotensi Terjadi Pada Sebagian Kecil Wilayah Riau
    15 Anak Muda Riau Didukung Melek Dunia Digital, LAM: Peluang Kerja Masa Depan Bukan Lagi di Kantor Cama
    16 Ketua KONI Minta Pengprov PBSI Riau Cari Terobosan Pembinaan Atlet
    17 Seluruh Pemda di Riau Tanda Tangani PKS Tripartit Untuk Optimalisasi Pajak Pusat dan Daerah
    18 Hujan Berpotensi Terjadi di Sebagian Besar Wilayah Riau
    19 Beberapa Wilayah di Riau Berpotensi Hujan
    20 Sinergi Bank Indonesia dan TPID Riau Perkuat Peran Bumdes Dalam Pengendalian Inflasi Pangan
    21 Kanwil DJP Riau Kembali Serahkan Pengemplang Pajak ke Kejaksaan
    22 Kakanwil DJP Riau Koordinasikan Pelaksanaan Optimaliasi Pemungutan Pajak Pusat dan Pajak Daerah
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau