Welcome Dinner Gubernur se-Sumatera, Gubri Sampaikan Isu Pembahasan Rakorgub Tahun 2022
Kamis, 30-06-2022 - 09:32:49 WIB
Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU -- Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan bahwa Rapat Koordinasi Gubernur (Rakorgub) se-Sumatera Tahun 2022 ini sebagai sarana komunikasi antar Pemerintah Daerah di wilayah sumatera serta sebagai wadah evaluasi hasil kerjasama dan kesepakatan yang telah terjalin sebelumnya.

Menurut Gubri Syamsuar, pihaknya menargetkan adanya kesepakatan-kesepakatan penting dalam Rakorgub se-Sumatera Tahun 2022 di Provinsi Riau. Ia juga menyampaikan bahwa dalam Rakorgub tersebut akan dibahas beberapa isu-isu atau fokus persoalan salah satunya masalah inflasi yang cukup tinggi di wilayah sumatera. 

"Jadi sumatera ini termasuk tinggi, bahkan kalau kita tidak bisa mengendalikan ini bukan hal yang mustahil juga kita bisa lebih tinggi dari inflasi indonesia dan nasional. Jadi karena itulah tentunya, kesempatan ini kita mari bekerjasama," ujar Gubri saat Welcome Dinner di Gedung Daerah Balai Serindit, Kota Pekanbaru, Rabu (29/6/2022) malam.

Syamsuar mengatakan, dalam Rakorgub nanti juga akan dibahas terkait ancaman Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak. Untuk diketahui, kasus PMK sudah terdapat di Provinsi Riau sebanyak 527 kasus yang ada di 6 atau 7 kabupaten/kota di Riau. Saat ini, Pemerintah Daerah memperketat pengawasan lalu lintas hewan ternak dengan memberlakukan lockdown dan pemberian vaksinasi. 

"Yang kedua isu yang besok akan kita angkat ink berkaitan dengan PMK. Kita tahu bahwa PMK ini juga melanda daerah Riau, kita sekarang sudah ada 527 Pak yang terkonfirmasi dengan PMK," sebutnya. 

Lebih lanjut, Gubri juga mengatakan bahwa akan dibahas berkaitan dengan pemerataan infrastruktur berkaitan dengan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), infrastruktur perbatasan dan Over Demension Over Load (ODOL). 

"Begitu juga sekarang topik yang bisa kita bahas besok termasuk masalah infrastruktur jalan tol ini, kita belum tahu sampai kapan selesainya sumatera ini," ujar Gubri. 

Ia juga menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Riau sedang menggesa percepatan pembangunan RoRo Dumai-Malaka dalam rangka untuk mendukung hasil Konferensi IMT-GT (Indonesia - Malaysia - Thailand Growth Triangle) di Bangkok Thailand.

"Hasil pembahasan bersama 3 Kepala Negara itu diputuskan bahwa untuk konektivitas antara Thailand, Malaysia itu ke Indonesia adalah melalui Dumai. Bahkan Menteri Perdagangan telah menunjukkan dalam rangka membantu operasional RoRo Dumai-Malaka ini untuk memanfaatkan semua produk dari sumatera ini adalah pintunya melalui Riau. Dan kami sudah siap untuk itu," tegasnya. 

Topik selanjutnya yang akan dibahas pada Rakorgub kata Syamsuar adalah berkaitan dengan harga sawit. Ia mengatakan bahwa berdasarkan informasi harga sawit di beberapa daerah di sumatera juga rendah. Padahal wilayah sumatera merupakan salah satu wilayah penghasil sawit terbesar mulai dari Aceh hingga Lampung. Untuk itu, hal ini jadi sangat berpengaruh pada ekonomi daerah ini. 

"Oleh karena itulah tentunya, besok hal-hal seperti inilah yang akan kita bahas disamping hal-hal lain yang sudah disepakati antara provinsi-provinsi. Sehingga tentunya dengan adanya kerjasama yang baik ini, mudah-mudahan negeri kita masing-masing provinsi ini akan lebih maju lagi dimasa yang akan datang," tutupnya.(MCR)



 
Berita Lainnya :
  • Welcome Dinner Gubernur se-Sumatera, Gubri Sampaikan Isu Pembahasan Rakorgub Tahun 2022
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 IAIF ITB Usung Kolaborasi untuk Memecahkan Masalah Talenta Digital
    02 Sore Hingga Dini Hari Berpotensi Hujan Pada Beberapa Wilayah di Riau
    03 Hujan Berpotensi Terjadi Pada Beberapa Wilayah di Riau
    04 Kepengurusan Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada Kedokteran (KAGAMA DOK) Provinsi Riau Dilantik
    05 Ini 8 Tim Melaju ke Babak Perempat Final
    06 Kanwil DJP Riau Lelang Serentak Aset Sitaan Penunggak Pajak
    07 Munas Tetapkan Ismail Lutan sebagai Ketua Umum PJMI 2022-2027
    08 Titik Panas Nihil, Beberapa Wilayah Riau Berpotensi Hujan
    09 Rupat Utara , Perlu Perhatian Pemerintahnya
    10 Ekonomi Membaik, Penerimaan Pajak Melonjak
    11 Bertemu Wapres, Gubri Syamsuar Bahas BRK Syariah
    12 Sebagian Besar Wilayah Riau Berpotensi Hujan Hari Ini
    13 BKKBN Riau Lakukan Grebek Stunting
    14 Pasca PPS, Kanwil DJP Riau Tingkatkan Pengawasan Wajib Pajak
    15 Kasus Cacar Monyet Belum Ditemukan di Indonesia
    16 Sebagian Besar Wilayah Riau Berpotensi Hujan Sore Hingga Malam Nanti
    17 Sejumlah Wilayah di Riau Masih Berpotensi Hujan
    18 Kunjungi Pekanbaru, Hasto Optimis Riau Capai Target
    19 100 Pesen Jemaah Haji Riau yang Kembali ke Tanah Air Akan di Antigen
    20 Titik Panas Nihil, Hujan Berpeluang Terjadi Pada Sebagian Kecil Wilayah Riau
    21 Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti Optimis Turunkan Stunting
    22 Diskes Riau Buka Layanan Vaksin Booster di Area CFD Pekanbaru
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau