BKKBN Riau Revitalisasi Program KB di Perusahaan
Senin, 24-01-2022 - 14:58:00 WIB

TERKAIT:
 
  • BKKBN Riau Revitalisasi Program KB di Perusahaan
  •  

    PEKANBARU -- Setelah dinilai sukses dalam mendukung program KB, Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau,  kembali menggiatkan Program Keluarga Berencana (KB) Perusahaan sebagai upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. Terutama untuk menekan angka Unmeet need dan Meningkatkan angka Prevalensi Pemakaian Kontrasepsi Modern/Modern Contraceptive Prevalence Rate (mCPR) di provinsi riau.

    Hal ini disampaikan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Dra. Mardalena Wati Yulia M.Si, saat menghadiri acara sosialisasi program dalam rangka meningkatkan perluasan akses pelayanan KB di fasilitas kesehatan guna mendukung tercapainya program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), Senin (24/1).

    "Sebenarnya program ini sempat dinilai sukses di masa silam. Untuk itu sebagaimana diketahui kita di provinsi riau ini kan mCPR kita masih rendah dan juga ngka unneed meet masih tergolong tinggi. Sesuai dengan evaluasi indikator kinerja kita, maka salah satu upaya meningkatkan kinerja, kita harus berinovasi gimana cara agak kinerja bisa mencapai angka yang diinginkan. Dalam kesempatan ini kami melakukan upaya pendekatan dengan pihak perusahaan perkebunan melalui Disnakertrans Riau. Dimana kita ketahui perusahaan di sektor perkebunan menyerap banyak tenaga kerja terutama perempuan,” papar Mardalena.

    Mardalena  juga menyampaikan persentasi angka mCPR Riau saat ini masih rendah yaitu 45.6% dan angka ini diharapkan turun menjadi 50.88% pada tahun 2022. Sementara Unmeet Need Riau saat ini masih tinggi yaitu 25.6% yang pada tahun 2022 diupayakan turun menjadi 14.45%. Keberadaan perusahaan yang tentunya teregistrasi di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau, diyakini akan menjadi sasaran tepat bagi BKKBN untuk menjalankan program Bangga Kencana. Sehingga pendekatan bisa dengan mudah dilakukan melalui disnakertrans. 

    Dalam kesempatan tersebut Mardalena juga menyampaikan bahwa kerja sama dengan pihak perusahaan  ditujukan untuk memenuhi target peserta KB, selain tentunya diharapkan memberi peluang kepada para pekerja di perusahaan dan masyarakat di lingkungan perusahaan untuk mendapatkan pelayanan KB. BKKBN akan menyuplai alat kontrasepsi kepada pihak perusahaan

    Di tempat yang sama, Kepala Seksi Penegakan Hukum Disnakertrans Riau, Syafrizal SE. ST, MH, mengatakan pihaknya menyambut baik kegitan ini. Pihaknya juga siap mendampingi dan akan mensupport segala sesuatu yang mungkin bisa dilakukan disnakertrans riau dalam rangka meningkatkan kinerja BKKBN di perusahaan-perusahaan melalui tenaga kerja. 

    “Tentunya kita sangat welcome ya dan menyambut baik kegiatan ini. Karena ini juga menyangkut soal kesejahteraan keluarga dari individu yang ada di perusahaan-perusahan. Ini juga kan sebagai upaya kita dalam mendukung program yang dijalankan oleh BKKBN termasuk peningkatan kinerja BKKBN Riau. Untuk itu kita siap mendampingi ataupun ikut berpartisipasi dalam upaya sosialisasi program BKKBN,” jelas Syafrizal.

    Lebih lanjut Syafrizal juga mengatakan bahwa di pertemuan pertama ini pihaknya mengundang 10 orang perwakilan dari sepuluh perusahaan di sektor perkebunan yang memiliki karyawan dengan jumlah besar. Seperti Group Musim Mas, Grup IVO Mas, Tasmapuja, PTPN V, dll. Sepuluh perwakilan ini hanya sebagai langkah awal, karena nantinya akan dilakukan sosialisasi ke perusahaan-perusahaan lain yang ada di riau.

    Syafrizal mengharapkan program-program BKKBN dapat diterima masyarakat khususnya karyawan-karyawati yang ada di perusahaan-perusahaan tersebut dan memberikan manfaat bagi keluarganya dan meningkatkan produktifitas para pekerja. (AD)



     
    Berita Lainnya :
  • BKKBN Riau Revitalisasi Program KB di Perusahaan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Presiden Apresiasi Mudik Lebaran Tahun 2022 Berjalan Aman dan Sehat
    02 Titik Panas Berkurang, Hujan Masih Berpotensi Terjadi Pada Beberapa Wilayah di Riau
    03 Ketua DPRD Riau Sebut Konversi BRK Syariah Permudah Layanan Perbankan
    04 SK Pj Wali Kota Pekanbaru dan Bupati Kampar Berlaku Satu Tahun
    05 Sebagian Besar Wilayah Riau Berpotensi Hujan Hari Ini
    06 BRK Syariah Jadi Nafas Baru Pembangunan Ekonomi di Riau
    07 Seluruh Kabupaten di Wilayah Provinsi Riau Sepakat Ikuti Perjanjian Kerjasama Tripartit
    08 Asyik, Ada Tempat Hang Out Yang Instagramable di Mal PX
    09 Dumai Optimis Stunting Turun
    10 Izinkan Warga Lepas Masker di luar Ruangan, Pemprov Riau Sambut Baik Kebijakan Presiden Jokowi
    11 Hujan Berpotensi Terjadi Pada Beberapa Wilayah di Riau
    12 Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas
    13 Wagubri Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2022 Tingkat Provinsi Riau
    14 Sebagian Kecil Wilayah Riau Hari Ini Berpotensi Terjadi Hujan Dengan Intensitas Ringan
    15 Temui Menpora Amali, Gubri Usulkan Riau Jadi Tuan Rumah Haornas ke-39
    16 Titik Panas Nihil, Hujan Berpotensi Terjadi Pada Beberapa Wilayah di Riau
    17 Presiden Jokowi Beri 6 Arahan dalam Sidang Kabinet Paripurna
    18 Sebagian Besar Wilayah Riau Berpotensi Hujan
    19 2.290 Jamaah Haji Riau Bakal Berangkat, Mahyudin: Wajib Konfirmasi Ke Bank Pendaftaran
    20 Sore Hingga Dini Hari Berpotensi Terjadi Hujan
    21 Transisi Pandemi ke Endemi Harus Hati-Hati
    22 Hujan Masih Terjadi Pada Beberapa Wilayah di Riau
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau