BAWASLU
Rusidi Minta Izin Hadirkan Bawaslu Bengkalis di Sidang MK
Jumat, 19-07-2019 - 09:22:06 WIB

TERKAIT:
 
  • Rusidi Minta Izin Hadirkan Bawaslu Bengkalis di Sidang MK
  •  

    Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Provinsi Riau hari ini kembali di gelar di MK. Agenda sidang kali ini adalah mendengarkan jawaban Termohon (KPU Riau), Keterangan  dari Bawaslu Riau dan Pihak Terkait. Sidang dimulai  pukul 08.00 Wib di ruang sidang panel 1 Gedung Mahkamah Konstitusi RI Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat (18/07).

    Sebelumnya Bawaslu Riau sudah menghadiri sidang perdana pada pekan lalu namun dalam sidang permulaan tersebut MKRI masih  pengecekan dan pengesahan alat bukti dari pemohon.

    Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan, menjelaskan, pihaknya kali ini menghadiri sidang gugatan PHPU di MKRI didampingi 7 Komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota se Riau. "Sebelumnya, Bawaslu Riau sudah mengkonsolidasikan bahan bahan untuk disampaikan Bawaslu  Riau di MK.Konsolidasi digelar  untuk mendapatkan keterangan terkait hasil pengawasan selama Pileg dan Pilpres ini". Konsolidasi dengan  Bawaslu Kabupaten/Kota ini menurutnya perlu dilakukan untuk merumuskan keterangan tertulis yang akan disampaikan dalam sidang kedua kali ini.

    Saat mendengarkan Keterangan dari Bawaslu Riau terkait dalil Pemohon dari Partai Nasdem dan PDI Perjuangan di Dapil 5 Kecamatan Batin Solapan Kabupaten Bengkalis, Rusidi Rusdan Ketua Bawaslu Riau sempat meminta Ketua MK  Anwar Usman agar diizinkan menghadirkan salah satu anggota Bawaslu Bengkalis yang  untuk didengarkan keterangannya secara langsung dalam sidang. Bawaslu Bengkalis diwakili oleh Anggota nya Harry Rubianto kemudian menyampaikan perihal  hasil pengawasan rekapitulasi perolehan suara di Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis yang menjadi salah satu dalil.pemohon. Sebelumnya
    Para pemohon dari Partai Nasdem dan PDI Perjuangan mempermasalahkan Hasil Rekapitulasi di Batin solapan karna KPU tidak menjalankan rekomendasi Panwaslu Kecamatan dan Bawaslu Bengklais rekapitulasi tungkat kecamatan dan kabupaten. 

    Selain Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Bawaslu Riau juga menghadirkan 6 Bawaslu lain yang disebutkan dalam Pokok permohonan Pemohon, yaitu Rokan Hulu, Kampar, Indragiri Hulu, Pekanbaru, Siak dan Rokan Hilir.

    Sidang panel 1 Majelis MKRI dipimpin oleh Ketua MK Anwar Usman didampingi Hakim Konstitusi Arief Hidayat dan Enny Nurbaningsih. Sidang MK ini dapat disaksikan secara langsung oleh yang hadir dan disiarkan juga melalui chanel Youtube MKRI.
    Sedangkan dari Bawaslu, Ketua Bawaslu RI Abhan hadir langsung dalam ruang sidang. Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan bertindak sebagai juru bicara memberi keterangan di dampingi anggota Gema Wahyu Adinata dan Amiruddin Sijaya. Selama tiga jam, Bawaslu Riau dicecar pertanyaan oleh Ketua Majelis Arief Hidayat, begitu juga pihak pemohon yang juga dihadiri oleh dua komisioner KPU Riau Firdaus dan Abdurrahman yang hadir mencoba menjelaskan duduk persoalan yang digugat oleh pemohon.
    Sidang ketiga diagendakan pada hari Senin (22/07) untuk mendengarkan hasil rapat permusyawaratan majelis hakim apakah gugatan yang disampaikan oleh para pemohon dapat diterima atau ditolak.(Rls)



     
    Berita Lainnya :
  • Rusidi Minta Izin Hadirkan Bawaslu Bengkalis di Sidang MK
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 BNN Gagalkan Penyelundupan Sabu 20 Kg yang Disimpan di Ban Serep Pikap
    02 Timnas Indonesia Lawan Malaysia di Semifinal
    03 Wakil Gubernur dan Ketua DPRD Riau Luncurkan Riau Expo 2019
    04 Dinas PUPR Gesa Penyelesaian Dua Gedung OPD di Tenayan
    05 Walikota Tolak Pembangunan Pasar Cik Puan Melalui APBD ataupun APBN
    06 Investor Korea Tertarik Berinvestasi di Pekanbaru
    07 Astronom Deteksi 8 Sinyal Misterius di Antariksa
    08 Tekuk Chelsea di Adu Penalti, Liverpool Juara Super Eropa
    09 Marak Kahutla, Walhi Minta Pemerintah Kaji Ulang Izin Lahan
    10 Jumlah Hotspot Kembali Meningkat, di Riau Mencapai 69 Titik
    11 Polisi Tetapkan 60 Tersangka dari 68 Kasus Karhutla
    12 Anggaran Formula E di DKI Jakarta Rp360 Miliar
    13 Gubri Lantik Ahmadsyah Harrofie sebagai Pj Sekdaprov Riau
    14 Untuk Isi Jabatan Kosong Eselon II, Sekda Surati Komisi ASN
    15 Diskes Sarankan Masyarakat Gunakan Masker Saat Keluar Rumah.
    16 Pekanbaru Ajukan 367 Formasi Pegawai ke Kemenpan RB.
    17 Fakta Hari Pramuka: Sejarah, Lambang, dan Arti Seragam
    18 Hasto: Haluan Negara Akan Bantu RI di Dunia Internasional
    19 5 Fakta Menarik Jelang Indonesia vs Myanmar
    20 Jumlah Hotspot di Riau Jauh Berkurang.
    21 Jaksa Ungkap Terdakwa Aksi 22 Mei Dijanjikan Rp50 Ribu
    22 Breaking Termasuk Cabor PON Papua, Ini Jadwal Persiapannya
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau