Masker dan face shield menjadi dua perkakas penting di masa tatanan hidup baru atau new normal. Keduanya diangg" />
 
 
Membandingkan Efektivitas Masker dan Face Shield Cegah Corona
Jumat, 26-06-2020 - 11:09:42 WIB
Ilustrasi. Masker dan face shield dianggap mampu membantu mencegah penularan Covid-19. (iStockphoto)
TERKAIT:
 
  • Membandingkan Efektivitas Masker dan Face Shield Cegah Corona
  •  

    BULETINSATU.com -- Masker dan face shield menjadi dua perkakas penting di masa tatanan hidup baru atau new normal. Keduanya dianggap dapat mencegah penularan infeksi virus corona penyebab Covid-19. Namun, mana yang lebih efektif di antara keduanya?

    Pada dasarnya, masker dan face shield memiliki konsep untuk melindungi wajah dari kemungkinan paparan virus SARS-CoV-2. Cara ini dianggap dapat meminimalisasi risiko penularan dari orang tanpa gejala.

    Sejak pandemi Covid-19 meradang, para ahli dan sederet lembaga kesehatan telah merekomendasikan penggunaan masker untuk mencegah penularan.

    Efektivitas Masker

    N95 menjadi masker yang disebut paling ampuh mencegah paparan virus. Diikuti dengan masker bedah, penggunaan keduanya hanya direkomendasikan untuk tenaga medis. Sementara masyarakat umum-yang tidak melakukan kontak langsung dengan orang yang terinfeksi-disebut cukup untuk mengenakan masker kain.

    Namun, efektivitas masker kain juga dipertanyakan. Mengutip Prevention, sebuah makalah yang diterbitkan oleh National Academy of Sciences, Engineering, and Medicine pada awal April menemukan bahwa masker kain dapat menangkap tetesan pernapasan yang besar. Namun, tak ada bukti yang menunjukkan bahwa masker kain dapat membantu mencegah paparan virus SARS-CoV-2.

    Studi lain yang dilakukan sebelum pandemi juga meneliti efektivitas masker kain dalam melawan flu. Hasilnya menyimpulkan bahwa masker kain hanya bisa digunakan sebagai upaya terakhir untuk mencegah penularan.

    Sementara masker bedah sudah teruji efektivitasnya. Permukaan masker bedah yang menutup hidung dan mulut memiliki kemampuan untuk menyerap cairan atau droplet yang keluar. Sedangkan bagian masker yang mengarah ke luar memiliki sifat anti-air sehingga cairan dari luar tak bisa masuk ke dalam.

    Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine menemukan bahwa masker berbahan kain katun hanya dapat meningkatkan perlindungan 10-30 persen. Sementara masker bedah dapat memberikan perlindungan hingga 60-80 persen.

    Meski tidak memiliki efektivitas yang sama dengan masker bedah, namun masyarakat tetap direkomendasikan untuk mengenakan masker kain. Masker kain dapat berfungsi dengan baik asal digunakan dengan cara yang tepat.

    Face Shield

    Face shield merupakan lapisan plastik bening berupa tameng yang dipasang pada wajah. Face shield akan menutupi seluruh wajah hingga bagian dagu, namun dengan menyisakan beberapa celah yang tetap terbuka.

    Banyak ilmuwan menganggap bahwa face shield akan menjadi perkakas penting sebagai alat pelindung diri masyarakat di masa pandemi. Sebuah artikel dalam JAMA Network menyebut bahwa pelindung wajah dapat membantu mengurangi risiko Covid-19 jika dikombinasikan dengan menjaga jarak fisik, rutin mencuci tangan, dan meningkatkan tes massal di tengah masyarakat.

    Face shield umum digunakan oleh tenaga medis di rumah sakit yang mengenakannya berbarengan dengan masker. Mengenakan keduanya disebut dapat memberikan perlindungan menyeluruh terhadap petugas kesehatan.

    Namun, pelindung wajah tidak sesempurna yang dipikirkan. Sebuah penelitian yang menggunakan simulator batuk menemukan bahwa 4 persen partikel yang dihasilkan oleh batuk dapat masuk melalui bagian bawah pelindung wajah yang terbuka.

    Hingga saat ini, belum ada data ilmiah yang dapat mendukung penggunaan face shield untuk masyarakat umum. Namun, ahli penyakit menular dari John Hopkins Center, Amesh A Adalja berpendapat bahwa ada beberapa kelebihan dari face shield yang membuat penggunanya lebih merasa nyaman. Misalnya saja, pengguna dapat bernapas dengan lebih lega saat menggunakan face shield dibandingkan masker.

    Adalja juga berpendapat bahwa face shield memiliki potensi untuk lebih efektif daripada masker. "Orang-orang akan sulit untuk menyentuh wajah mereka saat mengenakan face shield," kata dia, mengutip Well and Good.

    Hingga saat ini, belum ada penelitian yang mempelajari dan membandingkan efektivitas masker serta face shield dalam mencegah penularan Covid-19. Keduanya diketahui memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Menjaga jarak fisik dan rajin mencuci tangan tetap menjadi cara paling ampuh untuk mencegah penularan. (CNI)



     
    Berita Lainnya :
  • Membandingkan Efektivitas Masker dan Face Shield Cegah Corona
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Hujan Dari Pagi Sebabkan Tidak Terpantaunya Titik Panas di Riau
    02 Permen Soal Corona Bukan Sebab Tae Yong Belum Tiba di Indonesia
    03 Kondisi Krisis, Jokowi Minta Menteri Kerja Lebih Keras
    04 Kadis PMD Provinsi Riau Jelaskan Tiga Tahapan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa
    05 Kadiskes Riau: Kegiatan Rapid Tes Kimia Farma di Bandara SSK II Dihentikan Sementara
    06 Wali Kota Dorong DLHK Tertibkan Masalah Pungutan Sampah
    07 Penjabat Sekda Petakan Pemasukan Daerah saat Pandemi
    08 Mengenal Gejala Bubonic, Wabah yang Dihadapi China
    09 Milan vs Juventus: Ibrahimovic Lebih Hebat dari Ronaldo
    10 Pengakuan Menag Minta BPKH Transfer Dana Haji BPIH Rp7,1 M
    11 Hujan Ringan Akan Guyur Riau Siang Ini
    12 Klub-klub Raksasa Bidik Messi, MU Diklaim Ikutan Melirik
    13 Kemenkes Tetapkan Tarif Maksimal Rapid Test Corona Rp150 Ribu
    14 Walikota Minta Tertibkan Mobil Dinas
    15 Pemko Berikan Relaksasi Kepada 11 Objek Pajak
    16 Ditpolair Polda Riau Amankan Kapal Bermuatan Rokok Tanpa Cukai dan Dokumen
    17 Api berhasil dipadamkan, Polisi Lidik Pelaku Pembakaran
    18 7 Buah untuk Mencegah Penyakit Jantung
    19 Hasil Liga Inggris: Tottenham Menang atas Everton
    20 Syarat Rapid Test Digugat, Gugas Covid Diadukan ke Ombudsman
    21 Pagi Hingga Malam Hujan Akan Guyur Beberapa Wilayah di Riau
    22 Winger Timnas Indonesia Yakin Shin Tae Yong Lampaui Target
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau