Sempena HUT Pekanbaru BRK Syariah Gelar Seminar Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban Bersyariah
Jumat, 14-06-2024 - 13:24:00 WIB

TERKAIT:
   
 


PEKANBARU – Sebanyak 150 orang dari perwakilan 75 masjid dan musala di Kota Pekanbaru mengikuti seminar tata cara penyembelihan hewan kurban bersyariah di Menara Dang Merdu BRK Syariah. Kegiatan bersempena dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru ini digagas oleh PT Bank Riau Kepri Syariah bersama Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru. 

 “Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk sinergitas dan kerjasama antar pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal ini Dinas pertanian dan perikanan di kota Pekanbaru dengan BRK Syariah untuk menerapkan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban yang memperhatikan aspek kesejahteraan hewan atau kesrawan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet),” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru, Firdaus dalam laporan kegiatannya, Kamis 13 Juni 2024.

Disebutkannya, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi mengenai tata cara pelaksanaan penyelenggaraan hewan kurban sesuai dengan aspek kesehatan hewan dan aspek kesehatan masyarakat. Selanjutnya mempersiapkan panitia atau petugas kurban di masjid/musala atau tempat pemtongan hewan kurban yang terampil dan kompeten melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada saat hari Raya Idul Adha.
 
”Selanjutnya untuk menghasilkan daging kurban yang aman sehat utuh dan halal. Aman daging tidak terkontaminasi dengan bahan kimia, sehat berasal dari sapi yang tidak terjangkit penyakit zorotis, kemudian daging yang benar-benar utuh dari sapi tidak tercampur dengan daging yang lainnya dan halal. Nah inilah mungkin yang kita terapkan hari ini karena memang bidang peternakan di Dinas Pertanian dan Perikanan ada bidang peternakan yang tugas dan fungsinya memproduksi ternak sampai menghasilkan daging yang aman sehat itu dan halal untuk masyarakat kota Pekanbaru,” ujarnya lagi. 

Dia juga menyebutkan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru siap membantu masjid dan musala dalam proses penyembelihan kurban ini. Sebab sudah ada 4 komunitas penyembelihan kurban yang kompeten di Kota Pekanbaru. Mereka sudah melakukan penyembelihan hewan kurban sesuai aspek. Animo masyarakat mengikuti pelatihan ini sangat tinggi. 

“Kami sampaikan juga tahun 2024 ini terjadi kenaikan 2,8 persen dari tahun lalu untuk permintaan hewan kurban. Tahun lalu hanya 8.734 ekor hewan kurban namun di tahun 2024 mencapai 9.000 ekor dengan rincian 8.000 ekor sapi dan sisanya kerbau, kambing dan domba. Gerakan sembelih bersyariah, ada 4 komunitas tang besar terkait komunitas penyembelihan hewan kurban ini, Juleha (juru sebelih halal), GSB (Gerakan Sembelih Halal), Viki Kurban dan Dawa Sebelih Halal. Kegiatan ini akan kita tutup dengan praktik penyembelihan hewan kurban kambing,” ujarnya. 

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Kota Pekanbaru, Santo yang dalam kesempatan itu menyebutkan melihat tingginya permintaan hewan kurban saat ini, ia mengajak Dinas Pertanian dan Perikanan serta Bank Riau Kepri Syariah untuk memberdayakan kelompok masyarakat dalam menggerakan ekonomi masyarakat. 

“Terima kasih bapak Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko BRK Syariah, Fajar Restu Febriansyah, dalam kesempatan ini dapat kami sampaikan juga pesan dari bapak Pj Walikota Pekanbaru bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan HUT Kota Pekanbaru. Dengan potensi yang ada, besar harapan kami kedepannya kebutuhan hewan kurban,” tuturnya. (rls/pri) 



 
Berita Lainnya :
  • Sempena HUT Pekanbaru BRK Syariah Gelar Seminar Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban Bersyariah
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Waspada Hotspot Mulai Bermunculan di Riau
    02 Apresiasi Komitmen Pemerataan Pembangunan
    03 APBD Riau 2025 Diproyeksikan Turun
    04 Sinergi dengan BRK Syariah, GSB Riau Evaluasi Proses Penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha
    05 Dapat Bantuan Rumah Layak Huni, Korban Longsor Inhil Menolak Direlokasi
    06 Pemprov Riau Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Berkat Operasi PHR di Blok Rokan
    07 Aqila Sang ’Local Hero’ Cilik Penggerak Peduli Lingkungan
    08 Cuaca Cerah Berawan, Waspada Hotspot Mulai Bermunculan
    09 BRK Syariah Sangat Eksis Sosialisasikan Tabungan Simpel
    10 Program Penguatan Vokasi PHR Membuka Asa Muhammad Nizam Merajut Sukses
    11 Indosat Business Hadirkan Smart Internet, Platform Digital Cerdas yang Aman dan Terintegrasi
    12 Ponpes Tafaqquh Mulai Terapkan Digitalisasi, Setiap Santri Miliki Smart Card dari BRK Syariah
    13 PHR Dorong Mitra Kerja Komitmen Terhadap Anti Korupsi
    14 Dinas PUPR Riau Bangun 35 Unit RLH Korban Kebakaran di Pujud Rohil
    15 Prakiraan Cuaca BMKG Hari ini, Riau Cerah Berawan
    16 Kirab Bendera Merah Putih dan Konser Nidji Gratis Bakal Ramaikan Sumatra Bike Week 2024
    17 Wako Dumai Apresiasi Pj Gubri, Baru Saat Ini Dumai Jadi Perhatian Provinsi
    18 Berikut Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini
    19 Pj Gubri SF Hariyanto Paparkan Potensi Migas untuk Kesejahteraan Rakyat Riau
    20 Direktur BRK Syariah Hadiri Peresmian Gedung Kantor Bersama Samsat Kota Dumai
    21 PT Elnusa Tbk Gelar Kick Off Elnusa Leader Development Program 2024
    22 Pemko Pekanbaru Ajak Warga Sukseskan Imunisasi Polio
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau