Rayakan 40 Tahun Pendidikan Informatika di Indonesia
IAIF ITB Usung Kolaborasi untuk Memecahkan Masalah Talenta Digital
Jumat, 12-08-2022 - 20:11:00 WIB

TERKAIT:
   
 

JAKARTA -- Berdasarkan riset McKinsey (2019) dan World Bank (2015), Indonesia membutuhkan 600 ribu talenta digital per tahun agar dapat meraup potensi ekonomi digital sebesar ribuan triliun rupiah. 

Namun, saat ini kebutuhan tersebut hanya mampu dipenuhi sekitar 100 - 200 ribu saja atau baru seperenam hingga sepertiganya. Angka tersebut pun masih harus dikurangi dengan angka SDM digital yang berkualitas dan siap kerja.

Melihat kenyataan tersebut, Ikatan Alumni Teknik Informatika ITB (IAIF ITB), Program Studi Teknik Informatika ITB, dan Program Studi Sistem & Teknologi Informasi ITB tergerak untuk mengajak seluruh insan akademisi dan praktisi industri informatika untuk berkolaborasi memecahkan masalah talenta digital di Indonesia. 

Inisiatif ini dilakukan bertepatan dengan perayaan 40 tahun usia pendidikan informatika di Indonesia. 

Sebagai informasi, sejarah pendidikan informatika di Indonesia diawali dengan adanya perwakilan beberapa dosen Institut Teknologi Bandung yang berangkat ke Perancis untuk belajar ilmu informatika pada tahun 1977. 

Empat tahun berselang, ITB membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk fakultas tersebut. Pada tahun 1982, pertama kalinya jurusan ilmu informatika di ITB diperkenalkan dan dibuka. 

Untuk menandai awal dari gerakan kolaborasi ini, IAIF ITB meluncurkan logo 40 tahun pendidikan Informatika serta menyelenggarakan talkshow “Masa Depan Talenta Digital Indonesia” pada hari Rabu (10/08/2022), bertempat di Rumah Wijaya, Jl. Wijaya V No. 6, Jakarta Selatan. 

Acara yang dilaksanakan secara daring dan luring ini antara lain dihadiri oleh: Yuli Cahyono (Ketua IAIF ITB), Saiful Akbar (Wakil Dekan Akademik, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB), Sonny Hendra Sudaryana (Koordinator Startup Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI), Haryono Kasiman (Ketua Umum Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)), Irving Hutagalung (Country Engineering Lead, PT Microsoft Indonesia), Ahmad Rizqi Meydiarso (CEO & Co-Founder, Feedloop), Puja Pramudya (VP Academy, eFishery), alumni ITB, serta praktisi informatika lainnya. 

Dalam sambutannya, Yuli Cahyono (Ketua IAIF ITB) mengapresiasi dampak positif alumni ITB dalam perkembangan pendidikan informatika di Indonesia. Meski begitu, perayaan 40 tahun pendidikan informatika ini bukan hanya di ITB, melainkan juga di seluruh tanah air. 

Saiful pun mengamini fakta di lapangan yang terkait kurangnya ketersediaan talenta digital bila dibandingkan dengan kebutuhan di pasar nasional maupun internasional.

Sementara itu, Saiful Akbar selaku perwakilan akademisi menjelaskan bahwa tantangan yang dihadapi Indonesia adalah masih kurangnya ketersediaan talenta digital yang memenuhi ekspektasi kebutuhan dari industri. 

Hal ini bertolak belakang dari jumlah pendidikannya yang cukup banyak, tetapi masih sedikit jumlah lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri. 

“Menjadi tantangan untuk kita semua, tidak hanya institusi pendidikan tetapi juga pelaku industri, dalam menyempurnakan pendidikan informatika di Indonesia,” ujarnya.

Sedangkan Sonny Sudaryana selaku perwakilan pemerintah menyampaikan bahwa peran utama Kemkominfo dalam pengembangan talenta digital dan industri startup di Indonesia adalah sebagai fasilitator. 

“Kami mencoba less regulate, more facilitate, and even accelerate,” tukasnya.

Ia pun menyarankan kolaborasi dengan kementerian lain, seperti Kemendikbud dan Kemnaker, dalam mencari solusi terkait kekurangan talenta digital ini. Acara talkshow ini merupakan kick-off dari rangkaian pagelaran acara perayaan 40 tahun pendidikan informatika di Indonesia dengan acara puncak rencananya digelar pada bulan Oktober - November 2022 di Bandung. 

Sejumlah acara yang akan digelar antara lain Coderunners, temu akrab para alumni, seminar, podcast informatika, Informatika mengajar, konferensi ICoDSE, job fair, serta rangkaian acara pendukung lainnya.

Tentang IAIF ITB 

Ikatan Alumni Informatika Institut Teknologi Bandung atau lebih dikenal dengan IAIF ITB merupakan organisasi alumni yang beranggotakan alumni jurusan Teknik Informatika (IF) dan Sistem dan Teknologi Informasi (STI) ITB lintas generasi. 

IAIF ITB merupakan wadah yang menghubungkan alumni IF dan STI untuk terus berkontribusi terhadap bangsa dan negara. IAIF ITB telah melahirkan tokoh dan sosok yang turut serta dalam membangun Indonesia di berbagai bidang keilmuan (https://iaif-itb.org/). (RLS)



 
Berita Lainnya :
  • IAIF ITB Usung Kolaborasi untuk Memecahkan Masalah Talenta Digital
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 DJP – Korlantas Jalin Misi Penerimaan Negara
    02 Hujan Masih Berpotensi Terjadi di Sebagian Besar Wilayah Riau
    03 Penegasan Kapolda Riau Irjen Iqbal Pada Apel Ops Zebra: Jangan Ada Perilaku Arogan
    04 Susun Strategi Peningkatan Penerimaan, Kakanwil DJP Riau Sambangi Bupati Kepulauan Meranti
    05 Tokoh Masyarakat Riau Apresiasi Ketegasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Tangani Kasus Duren Tiga
    06 8 WBTb Riau Sah Berstatus Nasional, Gubri Syamsuar: Tahniah Para Maestro!
    07 Bidan Berperan Besar Dalam Penurunan Stunting
    08 Hujan Berpotensi Terjadi di Sebagian Besar Wilayah Riau
    09 Hadapi Dunia Digital Indonesia 4.0, BharabasCamp Resmi Diluncurkan
    10 Sebagian Besar Wilayah Riau Berpotensi Hujan Malam Nanti
    11 Hujan Mengguyur Sebagian Besar Wilayah Riau Pagi Ini
    12 DPD Forum Backstagers Indonesia Siap Bantu Industri Pariwisata Riau
    13 Gadai Elektronik Di Pegadaian, Kini Gak Pake Ribet
    14 Titik Panas Nihil, Hujan Berpotensi Terjadi Pada Sebagian Kecil Wilayah Riau
    15 Anak Muda Riau Didukung Melek Dunia Digital, LAM: Peluang Kerja Masa Depan Bukan Lagi di Kantor Cama
    16 Ketua KONI Minta Pengprov PBSI Riau Cari Terobosan Pembinaan Atlet
    17 Seluruh Pemda di Riau Tanda Tangani PKS Tripartit Untuk Optimalisasi Pajak Pusat dan Daerah
    18 Hujan Berpotensi Terjadi di Sebagian Besar Wilayah Riau
    19 Beberapa Wilayah di Riau Berpotensi Hujan
    20 Sinergi Bank Indonesia dan TPID Riau Perkuat Peran Bumdes Dalam Pengendalian Inflasi Pangan
    21 Kanwil DJP Riau Kembali Serahkan Pengemplang Pajak ke Kejaksaan
    22 Kakanwil DJP Riau Koordinasikan Pelaksanaan Optimaliasi Pemungutan Pajak Pusat dan Pajak Daerah
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau